Selalu Terlihat Prima, Ternyata Ini Ramuan Rahasia Jokowi

"Ramuan yang selalu dikonsumsinya untuk menjaga kesehatan adalah campuran dari temulawak serta jahe"
Presiden terpilih, Joko Widodo (Sekkab.go.id)

KLIKPOSITIF -- Presiden Joko Widodo mengungkapkan rahasia kesehatannya agar selalu tampil bugar dan prima saat menjalankan tugas negara. Selain terbiasa bekerja keras, Jokowi juga ternyata selalu mengonsumsi jamu setiap pagi sebelum bekerja.

Ramuan yang selalu dikonsumsinya untuk menjaga kesehatan adalah campuran dari temulawak serta jahe. Dia mengaku sudah 17 tahun rurin meminum jamu, bahkan ramuan jamu tersebut diakuinya dibuat sendiri.

"Berkali-kali sudah saya sampaikan membuat sendiri, temulawak 80 persen, jahenya 20 persen setiap pagi hanya pagi buat sendiri dan perut belum terisi sudah minum itu,” tutur Jokowi, melansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Menurutnya, temulawak mengandung curcuma yang bagus untuk tubuh. Terutama pencernaan, ginjal serta hati. Oleh karena itu, Jokowi mengaku sudah mengonsumsi ramuan ini selama 17 tahun. "Kalau yang tadi (temulawak dan jahe) udah 17, 18 tahun," sambungnya.

Melansir National Center for Biotechnology Information (NCBI), temulawak bisa menyembuhkan berbagai masalah kesehatan seperti hepatitis, diabetes, rematik , antikanker, hipertensi, gangguan jantung hingga masalah hati.

Rempah ini juga menunjukkan efek antidiuretik, antiinflamasi, antioksidan, antihipertensi, antihepatotoksik, antibakteri, dan antijamur. Sedangkan berdasarkan laman herbpathy.com, temulawak mengandung katagoga yang bisa membantu hati untuk menghasilkan empedu.

Selain itu, temulawak juga efektif menyembuhkan Arthritis, masalah pencernaan dan gangguan ginjal. Ini juga mengurangi lemak darah serta menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. (*)

sumber: HiMedik