Mudik Bawa Bayi dan Balita, Coba Perhatikan Hal Ini

ilustrasi balita mudik
ilustrasi balita mudik (shutterstocks)

KLIKPOSITIF -- Tak lama lagi, orang akan melakukan mudik Lebaran untuk bertemu sanak saudara. Nah bagi Anda yang ingin mengajak buah hati, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Mudik bersama bayi dan balita memang harus dirancang dengan matang dari jauh-jauh hari sebelumnya. Selain harus memilih moda transportasi yang paling nyaman, mood kedua orang tua juga bisa sangat menentukan suasana hati si kecil lho.

baca juga: Hingga Lebaran H-1, Mobil Tinggalkan Jakarta Tembus 400 Ribu Unit

Karena itu juga, agar si kecil tak mudah rewel, orang tua harus tetap tenang dan tidak cepat panik ketika terjadi sesuatu di luar perkiraan. Mudik bersama bayi dan balita bisa menjadi saat yang menyenangkan sekaligus melelahkan.

Saat memutuskan mudik bersama bayi dan balita , pertimbangkan terlebih dahulu jenis transportasi apa yang hendak dipilih. Idealnya, memilih jenis transportasi dengan waktu tempuh yang paling minimal sehingga membuat si kecil lebih nyaman.

baca juga: Gagal Mudik, 4.003 Mobil Dipaksa Putar Balik di Tol Cikarang Barat

"Pertimbangkan juga apakah moda transportasi yang Anda pilih dapat mengakomodasi peralatan penunjang untuk si kecil seperti stroller," kata dokter spesialis anak, dr. Cut Nurul Hafifah, Sp. A.

Dia melanjutkan, bila bepergian dalam jangka waktu yang cukup lama dan membawa bayi berusia 6 sampai 12 bulan, ibu perlu mempertimbangkan untuk membawa makanan pendamping ASI (MPASI) yang mudah diolah selama perjalanan.

baca juga: Ini Lima Manfaat Tidur Bersama Anak

"Perhatikan pula kebersihan makanan dan lokasi bersantap karena kekebalan tubuh si kecil belum sempurna sehingga lebih mudah terkena infeksi," katanya lagi.

Hal terakhir dan tidak kalah penting, orangtua harus tetap membangun suasana yang menyenangkan selama perjalanan. "Supaya suasana hati si kecil pun tetap terjaga," tutupnya. (*)

baca juga: BP2MI Prediksi Puluhan Ribu TKI akan Pulang ke Indonesia Hingga Juni 2020

sumber: HiMedik

Penulis: Agusmanto