Jangan Olah Sayuran Ini Jadi Jus

"Campuran labu, mentimun, terong, dan melon "
vitamin A pada wortel memiliki dampak bagus bagi indera penglihatan, namun jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan lonjakan gula darah (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Kesadaran masyarakat untuk hidup sehat tampaknya semakin meningkat. Hal ini terlihat dengan menjamurnya gerai-gerai makanan sehat seperti salad, jus buah, dan sayuran. Nah sebenarnya untuk jus, kita bisa membuatnya sendiri di rumah.

Namun untuk jus sayuran, ada beberapa jenis yang sebaiknya Anda hindari untuk diolah sebagai jus. Campuran labu, mentimun, terong, dan melon sebaiknya harus Anda hindari karena dapat menghasilkan senyawa yang bersifat racun.

Senyawa dari campuran sayuran tadi dalam bentuk jus bisa menyebabkan reaksi di usus seperti muntah, sakit perut, hingga penurunan tekanan darah yang parah. Gejala-gejala ini biasanya mulai terjadi 30 menit setelah mengonsumsi jus sayuran itu.

Tak hanya itu, campuran jus wortel, bayam, kale dan brokoli juga bisa menyebabkan dampak negatif pada sistem pencernaan.

Memang, vitamin A pada wortel memiliki dampak bagus bagi indera penglihatan, namun jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan lonjakan gula darah hingga mempengaruhi warna kulit Anda menjadi oranye.

Sementara kale, disebut-sebut bisa merusak ginjal Anda, jika diolah dalam bentuk jus. Tak hanya itu, sayuran ini juga memiliki efek pada kadar tiroid karena kandungan glukosinolar yang memicu hipotiroidisme.

Sedangkan jus brokoli, menurut European Journal of Gastroenterology & Hepatology bisa menyebabkan keracunan hati. Jadi berhati-hatilah saat akan mengolah sayuran menjadi jus, ya!

Sumber: Suara.com