Ini Tanda-tanda Kekurangan Protein, Jangan Diabaikan

"Semakin besar tubuh Anda, kebutuhan protein akan semakin banyak. Misal Anda memiliki kebutuhan nutrisi 2.500 kalori, kebutuhan protein harus 25-30 persen dari total kalori ini untuk ukuran maksimal atau sekitar 100 gram ke atas"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Sejak kecil kita selalu mengenal makanan sehat dalam bentuk empat sehat lima sempurna. Jenis makanan dalam model ini memasukkan lauk dan juga susu ke dalamnya. Dari dua makanan itu kita akan menemukan satu nutrisi penting yang harus dipenuhi setiap hari yaitu protein. Kalau tubuh sampai mengalami kekurangan, beberapa gangguan akan muncul.

Kebutuhan protein setiap harinya
Kebutuhan protein terendah antara pria dan wanita sangat berbeda. Secara umum kebutuhan pria lebih tinggi karena memiliki otot yang lebih banyak. Dalam satu hari pria harus mengonsumsi sekitar 56-91 gram protein sedang wanita 46-75 gram saja. Perlu diingat maksud dari gramasi ini adalah makro nutriennya, bukan berat dari bahan yang digunakan.

Kita ambil contoh sederhana saja, setiap 100 gram daging ayam tanpa lemak mengandung sekitar 25-30 gram protein. Kalau pria membutuhkan hingga 75 gram artinya kita butuh sekitar 250-300 gram daging ayam mentah. Jadi, jangan sampai salah mengartikan dan menyebabkan protein yang dikonsumsi jadi anjlok.

Semakin besar tubuh Anda, kebutuhan protein akan semakin banyak. Misal Anda memiliki kebutuhan nutrisi 2.500 kalori, kebutuhan protein harus 25-30 persen dari total kalori ini untuk ukuran maksimal atau sekitar 100 gram ke atas. Anda bisa memenuhi kebutuhan itu atau cukup menggunakan batas bawah saja agar tidak mengalami kekurangan.

Tanda kekurangan protein yang tidak boleh diabaikan
Kalau Anda mengalami kekurangan protein dan terjadi dalam jangka waktu cukup lama, beberapa tanda di bawah ini biasanya muncul. Waspadai setiap tanda yang ada agar Anda tidak mengalami gangguan yang besar.

1. Hati jadi berlemak
Jarang mengonsumsi protein ternyata juga menyebabkan masalah pada hati. Organ ini bisa lebih berlemak dari hati yang normal dan kemungkinan mengalami pengerasan seperti sirosis akan besar. Hingga sekarang beberapa ilmuan belum yakin mengapa defisiensi protein memicu kondisi ... Baca halaman selanjutnya