Lima Sifat Ini Ditemukan pada Orang Cerdas, Anda Salah Satunya?

"Sifat tersebut juga dibuktikan ada pada orang jenius atau orang cerdas terkenal seperti Einstein, Nikola Tesla, Leonardo da Vinci dan lainnya"
ilustrasi orang cerdas (net)

KLIKPOSITIF -- Ternyata, orang cerdas tak selamanya ditentukan oleh tingginya skor pada tes IQ. Berdasarkan penelitian, terdapat beberapa sifat yang menandakan orang tersebut cerdas atau tidak.

Orang cerdas selalu memiliki jalan yang berbeda dalam memecahkan masalah dibandingkan dengan orang lain. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang cerdas memiliki karakteristik tertentu.

Sifat tersebut juga dibuktikan ada pada orang jenius atau orang cerdas terkenal seperti Einstein, Nikola Tesla, Leonardo da Vinci dan beberapa penemu lainnya. Bahkan sifat tertentu juga ditemukan pada para penemu atau founder pada abad modern, seperti Bill Gates dan Steve Jobs.

Berikut lima sifat yang biasanya ditemukan pada orang cerdas berdasarkan peneilitian:

1. Bisa Berpikir ''Out of The Box''
Orang cerdas biasanya mempertanyakan status quo. Mereka selalu mempertanyakan mengapa cara lama dilakukan untuk melakukan sesuatu yang baru. Scott Galloway, seorang profesor pemasaran di Stern School of Business Universitas New York menjelaskan bahwa orang cerdas dan sukses di abad modern selalu berpikir berbeda jika dibandingkan orang lain.

Mereka selalu mencari cara di luar akal sehat untuk memecahkan sesuatu. Sederhananya, biasanya mereka selalu berkata,''bagaimana jika kita melakukannya dengan cara ini?''

2. Memiliki rasa ingin tahu yang tak pernah puas
Albert Einstein pernah dilaporkan mengatakan sesuatu seperti ini: "saya tidak punya bakat khusus, saya hanya ingin tahu.'' Penelitian yang diterbitkan tahun 2016 di Journal of Individual Differences juga memperkuat pernyataan di atas.

Setelah melakukan penelitian pada ribuan orang Inggris, peneliti menemukan bahwa rasa ingin tahu tinggi sejalan dengan tingkat kecerdasan seseorang. Rata-rata anak berumur 11 tahun yang memiliki rasa ingin tahu tinggi ternyata memiliki skor IQ yang lebih tinggi ketika mereka beranjak ... Baca halaman selanjutnya