Sulit BAB, Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur dan Berbuka

"kondisi ini bisa menyebabkan munculnya beberapa penyakit lainnya yang lebih serius."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Masalah susah buang air besar memang tidak hanya akan dapat membuat perut menjadi terasa tidak nyaman saja. Selain itu masalah sembelit juga ternyata memiliki risiko yang mana dapat menyebabkan munculnya beberapa penyakit lainnya yang lebih serius.

Untuk menghindari masalah ini selama Ramadan, berikut makanan yang bisa dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa:

Sayuran
Sayuran mengandung banyak serat yang sehat dan Anda dapat mengonsumsi banyak sayuran. Beberapa jenis sayuran yang wajib dikonsumsi antara lain buncis dan kacang polong.

Buah-buahan
Buah-buahan seperti apel, pisang, pepaya, markisa dan alpukat juga kaya akan serat. Masukkan ini ke dalam menu harian Anda untuk membantu melancarkan buang air besar dan menghidrasi tubuh Anda.

Konsumsi gandum
Bila Anda lambat mencerna sesuatu pastikan untuk rutin mengonsumsi bahan makanan seperti kacang-kacangan, gandum dan biji rami. Mengonsumi makanan ini dapat membantu Anda mencegah sembelit.

Yogurt
Probiotik yang terkandung di dalam yogurt dapat membantu Anda mencegah sembelit yang disebabkan oleh asupan makanan rendah kalori. Untuk itu, pastikan Anda menyertakan makanan ini dalam diet harian anda.

Air putih dan jus
Tidak hanya air putih, jus buah segar juga dapat membantu Anda mencegah dehidrasi dan sembelit. Anda juga dapat mengonsumsi air kelapa, jus semangka, jus jeruk, jus nanas dan jus anggur untuk mencegah dehidrasi.

Kurma
Seperti yang diketahui, kurma merupakan sumber makanan yang baik karena kaya serat, karbohidrat, kalium, magnesium dan juga gula. Hal ini dapat membantu Anda menjaga dan mengontrol kadar gula darah dan mencegah pusing.

Kacang almond
Almond dianggap salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi. Itu karena kacang satu ini kaya akan protein dan serat, serta mengandung sedikit lemak.