Para Perokok, Ini Fakta Kesehatan yang Wajib Diketahui

"Merokok adalah faktor risiko terbesar yang terkait dengan kanker mulut"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-- Penelitian baru mengungkapkan bahwa kasus kanker mulut terus meningkat. Pusat Peneliti Kanker UK telah merilis angka yang menunjukkan kenaikan mengkhawatirkan dari delapan sampai 13 kasus per 100.000 orang.

Hasil penelitian menunjukkan kanker mulut lebih sering terjadi pada laki-laki, tetapi sudah ada kenaikan sama perempuan. Pada wanita di bawah 50, tingkat kanker mulut telah meningkat 71% dalam 20 tahun terakhir, dengan kasus tahunan naik dari sekitar 160 menjadi sekitar 300. Kasus untuk wanita di atas 50 tahun juga sudah naik sebesar 71%, dengan peningkatan kasus dari 1.100 menjadi sekitar 2.200.

Sekitar sembilan dari 10 kasus kanker mulut ini terkait dengan gaya hidup dan faktor risiko lainnya. Merokok adalah faktor risiko terbesar yang terkait dengan sekitar 65% dari kasus. Faktor risiko lain termasuk konsumsi alkohol, diet rendah buah dan sayuran, dan infeksi dengan virus Human Papilloma (HPV).

Jessica Kirby dari Pusat Peneliti Kanker UK mengatakan sangat mengkhawatirkan bahwa kanker mulut telah menjadi lebih umum. Pola hidup sehat dapat membantu mengurangi risiko pengembangan penyakit di tahap pertama. Tidak merokok, minum alkohol dan makan banyak buah dan sayuran dapat membantu mengurangi resiko kanker mulut.