Konsumsi Nasi, Ini Cara Sehat Mengatur Karbohidrat

"Komsumsi nasi secara berlebih bisa berujung pada risiko obesitas hingga berbagai macam penyakit."
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF- Nasi putih dikaitkan dengan penumpukan karbohidrat. Komsumsi nasi  secara berlebih bisa berujung pada risiko obesitas hingga berbagai macam penyakit.

Seorang ahli nutrisi dilansir dari Suara.com Leona Victoria Djajadi, MND, mengatakan ada tips masak nasi yang bisa dicoba untuk mengurangi kandungan karbohidrat pada nasi. 

Yang pertama adalah mendinginkan nasi. Nasi yang sudah matang dan didinginkan mempunyai kandungan karbohidrat lebih rendah sampai 10 persen, karena ada perubahan susunan struktur karbohidratnya.

Dengan kata lain, nasi sebaiknya dimasak setelah buka puasa. Setelah nasi matang, maka nasi bisa didiamkan supaya dingin. Ketika akan dimakan saat sahur, nasi bisa dipanaskan kembali. Sehingga nasi tetap hangat dan enak, dengan kadar karbohidrat yang lebih rendah.

 Takaran nasi yang dianjurkan sejatinya hanya satu cangkir atau mangkuk kecil, bukan satu piring penuh. Untuk mengakali agar konsumsi makanan tidak hanya karbohidrat, Victoria mengatakan bisa dilakukan dengan menggunakan beras merah atau beras hitam yang tinggi kandungan serat.

"Tapi Jika tetap mau nasi putih pulen, bisa juga dicampur dengan beras jagung atau kacang polong beku untuk menaikkan kadar seratnya, sekaligus meningkatkan asupan sayur harian," tutup Victoria.