Seringlah Tertawa, Dampaknya Baik untuk Kesehatan

"hasil penelitian menyatakan tertawa 10 menit memiliki efek yang sama seperti berlari selama 30 menit"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Tertawalah sebelum tertawa dilarang. Ungkapan tersebut begitu melekat setelah dipopulerkan trio komedian Dono, Kasino dan Indro lewat film. Film komedi ternyata memang bisa menjadi obat bagi kesedihan dan rasa galau.

Tertawa ternyata memberi banyak efek pada tubuh manusia. Tertawa juga dijadikan sebagai terapi untuk menangani beragam masalah kesehatan.

Dilansir dari laman Medical Daily berikut ini dampak tertawa pada kesehatan manusia:

Tertawa sebagai pelampiasan kebahagiaan dapat mengurangi kadar hormon stres, kortisol dalam air liur. Hal ini terungkap dalam penelitian terhadap 50 responden di India pada 2006. Hasilnya yoga tertawa dapat menurunkan kadar stres responden yang pada gilirannya berdampak pada peningkatan kekebalan tubuh.

Tertawa juga baik untuk kesehatan jantung. Hal ini diungkapkan melalui penelitian yang dilakukan Williams Fry dari Stanford University. Menurut hasil temuan, tertawa 10 menit memiliki efek yang sama seperti berlari selama 30 menit. Hal ini memberi efek pada peningkatan sirkulasi darah dan detak jantung.

Tertawa dapat meningkatkan produksi hormon endorfin yang biasanya diproduksi usai berolahraga. Endorfin adalah kunci untuk kesehatan dan kesejahteraan yang lebih baik karena senyawa kimianya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk mengarah pada temuan ini, Psikolog Oxford Robin Dunbar menganalisis efek tawa terhadap resistensi nyeri dalam enam percobaan. Dalam lima studi laboratorium, peserta diperlihatkan klip dari video komedi, video netral, dan video yang menyenangkan di berbagai kombinasi.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa tawa yang berasal dari menonton video komedi membuat orang lebih tahan terhadap rasa sakit. Tahan terhadap rasa sakit adalah satu-satunya ukuran endorfin karena merupakan zat kimia otak.

Para peneliti dari Universitas Osaka di Jepang menemukan fakta bahwa tertawa bisa membantu menurunkan tekanan darah. Temuan ini ... Baca halaman selanjutnya