Anda Sering Melihat Lansia Tidak Merasa Haus Meski Puasa? Ini Penjelasannya

"Ternyata hal itu terjadi karena mereka tidak lagi membutuhkan cairan sebanyak usia yang masih produktif"
ilustrasi lansia (net)

KLIKPOSITIF -- Adakah di sekitar Anda melihat orang tua yang sudah lanjut usia tapi tidak merasa haus alias seperti berpuasa? Ternyata hal itu terjadi karena mereka tidak lagi membutuhkan cairan sebanyak usia yang masih produktif. Mengapa hal ini bisa terjadi? Berikut penjelasannya.

Menurut penelitian yang telah dipublikasikan di Journal of Gerontology mengungkapkan bahwa rasa haus pada orangtua tidak bisa menjadi 'panduan' yang baik untuk melihat atau mengukur kebutuhan minum kakek atau nenek Anda.

Meskipun hal yang sama berlaku pada kita yang masih muda. Namun, para orangtua tidak merasa haus meskipun tubuh mereka kekurangan cairan. Sensasi rasa haus semakin berkurang seiring bertambahnya usia mereka.

Penelitian yang dilakukan oleh University of East Anglia di Norwich, Inggris, seperti yang dilansir Hello Sehat dari Health Central menemukan bahwa hal ini berkaitan dengan fungsi ginjal. Ginjal berfungsi memantau dan mengendalikan keseimbangan air dalam tubuh serta memastikan bahwa jaringan tubuh menerima air yang cukup agar dapat bekerja dengan baik.

Ginjal bereaksi terhadap perubahan level air dalam tubuh sepanjang hari. Hal ini karena ginjal adalah kunci dalam pemecahan kimia urin. Ketika asupan air dalam tubuh berkurang, fungsi ginjal ini akan menyesuaikan diri dengan berinisiatif menyimpan air yang tersisa dalam tubuh, bukan membuangnya.

Namun, fungsi ginjal para orangtua untuk menyeimbangkan air perlahan berkurang seiring bertambahnya usia. Sedangkan menurut penelitian yang dilakukan oleh Gary Egan, seorang profesor ahli pencitraan neuro di University of Melbourne menemukan bahwa hal ini disebabkan karena lemahnya sinyal tubuh kakek dan nenek Anda untuk merasakan haus meskipun kekurangan cairan.

Seiringnya bertambahnya usia, otot perut para orangtua ini semakin lemah. Jadi, meskipun mereka hanya minum atau makan sedikit makanan, perut mereka mengembang lebih besar tidak berbanding lurus dengan ... Baca halaman selanjutnya