Apa Itu Cacar Monyet? Ini Penyebab, Gejala, dan Pengobatannya

"Cacar monyet pada dasarnya juga bukan merupakan penyakit baru dan sudah ada sejak tahun 1970"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Pernahkah Anda mendengar tentang cacar monyet? Meskipun tidak umum, tapi cacar satu ini tetap patut diwaspadai penyebarannya.

Cacar monyet pada dasarnya juga bukan merupakan penyakit baru dan sudah ada sejak tahun 1970. Apa itu sebenarnya cacar monyet? Bagaimana penularannya dan pengobatannya? Simak jawabannya dalam artikel ini!

Apa Itu Cacar Monyet?

Cacar monyet atau monkeypox adalah infeksi virus yang termasuk langka. Penyakit ini secara umum memiliki gejala yang sangat mirip dengan smallpox, bahkan secara klinis gejalanya lebih ringan. Namun smallpox sudah dieradikasi sejak tahun 1980.

Cacar monyet paling sering ditemukan di daerah Afrika Tengah dan Afrika Barat. Kini virus monkeypox juga ditemukan di Singapura, hingga ke Batam. Umumnya penyakit ini tersebar di daerah di mana banyak manusianya berinteraksi dengan hewan yang berpotensi menularkan virus ini.

BACA JUGA: Pemerintah Siaga Hadapi Cacar Monyet Masuk ke Indonesia

Kasus cacar monyet pertama kali ditemukan pada tahun 1970, yaitu di Republik Demokratik Kongo. Seorang anak usia 9 tahun terkena cacar monyet, padahal di daerah tersebut smallpox sudah dieradikasi atau dimusnahkan sejak tahun 1968.

Setelahnya, dilaporkan beberapa kasus di daerah pedesaan dan hutan hujan di Cekungan Kongo dan Afrika Barat. Pada tahun 1996 hingga 1997 bahkah wabah besar terjadi di Republik Demokratik Kongo.

Kasus cacar monyet pertama di luar benua Afrika ditemukan pada tahun 2003 di Amerika Serikat. Sebagian besar pasien ini diduga telah melakukan dengan anjing padang rumput peliharaan yang terinfeksi. Anjir ini terinfeksi oleh tikus Afrika yang diimpor ke Amerika Serikat.

Kasus besar cacar monyet selanjutnya adalah pada tahun 2017 di Nigeria. Kasus ini terjadi setelah 40 tahun ... Baca halaman selanjutnya