Soal Pilihan Menu Berbuka Puasa, Ini yang Harus Diwaspadai

"Hindari makan makanan mengandung jeruk berbarengan dengan makanan berbasis susu"
ilustrai (net)

KLIKPOSITIF - Ramadan dianggap sebagai bulan paling suci dalam satu tahun bagi umat Islam. Selama bulan Ramadan, kaum muslim yang menjalankan puasa hanya makan dua kali dalam sehari, yakni saat sahur dan berbuka puasa.

Di antara sahur dan buka puasa, dari terbit fajar hingga terbenam mata hari, orang muslim menahan lapar dan haus. Waktu berbuka puasa adalah yang paling ditunggu-tunggu. Dalam Islam, berbuka puasa disarankan diawali dengan makanan yang manis-manis seperti kurma, teh atau jus yang dilengkapi dengan air putih.

Selain makanan di atas, menu berbuka puasa umat muslim biasanya selalu bervariasi. Hal ini bisa jadi wujud dari kegembiraan karena telah menahan diri dari makan dan minum selama seharian. Meski demikian, ada hal-hal yang harus Anda perhatikan selama berbuka puasa agar dapat menjaga tubuh untuk tetap sehat.

Jangan campur buah-buahan dengan makanan. Anda bisa membatalkan puasa pertama-tama dengan buah-buahan, namun jangan konsumsi bersamaan dengan makanan berat. Anda bisa mengonsumsi buah setelah mengambil jeda usai makan makanan berat. Anda perlu tahu, ketika buah dikombinasikan dengan mineral, lemak dan protein yang terdapat dalam makanan lain, hal ini dapat menghambat pencernaan.

Jangan gabungkan keju dengan kacang-kacangan dan makanan laut dengan daging lainnya. Tubuh Anda diprogram untuk mencerna satu bentuk protein terkonsentrasi pada suatu waktu. Mengkonsumsi lebih dari satu protein dapat membuat komplikasi pada sistem pencernaan Anda.

Hindari makan makanan mengandung jeruk berbarengan dengan makanan berbasis susu. Kombinasi makanan ini dapat mengganggu pencernaan Anda. Selain itu, mengonsumsi protein dan pati bersama-sama juga bukan ide yang bagus. Jika Anda berencana untuk 'pesta' berbuka puasa dengan daging, coba menyeimbangkan dengan beberapa sayuran segar.

Jangan terburu-buru untuk menyelesaikan makanan Anda. Jika tubuh Anda menerima terlalu banyak makanan secara ... Baca halaman selanjutnya