Jangan Biarkan Anak Duduk Posisi 'W', Ini Bahayanya

"posisi duduk seperti itu dapat mempengaruhi kemampuan anak untuk melompat dan berlari"
ilustrasi anak duduk W (Shutterstocks)

KLIKPOSITIF -- Duduk dalam posisi 'W' berbahaya bagi kesehatan. Banyak ahli medis yang mengungkapkan, duduk dalam posisi ini bisa menyebabkan kerusakan jangka panjang. Untuk itu ahli medis pun mengimbau orang tua untuk mengawasi anak-anak mereka saat duduk.

Seperti dilansir dari Mirror, menurut para ahli, duduk dalam posisi 'W' dapat menyebabkan sakit pinggul seumur hidup. Cara duduk 'W' sebenarnya sangat umum dipraktikkan anak-anak ketika menonton TV atau saat bermain bersama teman-temannya.

Padahal menurut Pusat Terapi Anak, posisi duduk seperti itu dapat mempengaruhi kemampuan anak untuk melompat dan berlari. Kebiasaan tersebut juga bisa membuat otot kaki, pinggul, dan pergelangan kaki sakit. Bahkan menurut Women's Health, kebiasaan duduk posisi 'W' dapat menyebabkan dislokasi pinggul.

Seorang ahli osteopati yang bermarkas di London, Avni Trivedi, juga merasa prihatin tentang kebiasaan posisi duduk 'W' pada anak-anak. "Duduk terlalu lama umumnya dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada leher, bahu dan punggung atas.

"Untuk anak-anak yang mungkin sangat aktif, duduk dalam posisi" W "dapat meregangkan sendi dan dapat melemahkan otot-otot trunk karena tidak seharusnya untuk aktif,"

Sebagai gantinya, orangtua harus mendorong anak-anak mereka untuk duduk bersila, atau duduk dengan kaki menghadap ke samping atau ke depan. (*)

sumber: HiMedik