Wajib Dicoba, Menu Sahur Praktis Bagi Anak Kos dan Tidak Menguras Kantong

Ilustrasi
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Bulan Ramadhan bisa menjadi tantangan tersendiri untuk kamu yang tinggal di tanah rantau. Jika biasanya ada orang tua yang membangunkanmu ketika sahur, kini kamu harus terbiasa bangun sendiri agar tidak kelaparan ketika berpuasa.

Tantangan berat lainnya untuk anak kos yang tinggal jauh dari orang tua adalah kemampuan untuk memanage pengeluaran agar tetap bisa bertahan selama sebulan penuh.

baca juga: Harga Emas Naik, Dijual Rp 920 Ribu Per Gram

#Kreasi menu sahur berbahan dasar indomi untuk anak kos
Menu sahur simple ala anak kos akan sangat membantumu dalam menghadapi bulan Ramadhan, apalagi jika segala menu sahur dan buka anak kost harus kamu siapkan sendiri. Indomi seringkali menjadi makanan anak kos ujung bulan di saat kiriman uang orang tua belum datang. Namun, kamu bisa mengkreasikan makanan anak kos ini menggunakan bumbu-bumbu yang ada di kos. Beberapa kreasi menu sahur berbahan dasar indomi yang dapat mamikos berikan adalah:

1.Omelet Indomi

baca juga: 'New Normal', Bagaimana Aturan Untuk Ojol?

Bahan yang diperlukan untuk membuat omelet indomi sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan sebungkus indomi (2500 rupiah), sosis (1000 rupiah) dan sebutir telur (1500 rupiah). Agar rasanya tidak hambar, tambahkanlah saus 1 atau 2 sachet (500 rupiah) atau mayonais (1000 rupiah). Sisa uang yang kamu miliki bisa kamu gunakan untuk membeli teh panas atau susu agar tidak terlalu lemas. Jika kamu adalah orang yang tidak bisa jika tidak makan nasi, maka belilah nasi matang di warung (1500 rupiah) agar porsinya tidak terlalu banyak. Jadi, budget yang akan kamu habiskan untuk membuat omelet indomi pas 8.000 rupiah.

2.Indomi rebus dengan telur (Intel)

baca juga: Pemko Pariaman Ajak Pelaku IKM Manfaatkan Teknologi dalam Pemasaran Produk di Masa Pandemi

Indomi rebus hampir selalu menjadi menu favorit anak kos, apalagi cara pembuatannya sangat mudah dan cepat. Bahkan, menu ini sering dijadikan sebagai menu darurat ketika bangun kesiangan menjelang adzan subuh. Untuk membuat indomi rebus dengan telur yang bergizi, bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah: indomi rebus rasa apa saja (2500 rupiah), telur (1500 rupiah), sayuran seperti sawi atau bayam (2000 rupiah/ikat), cabai (500 rupiah). Dengan budget 6500 rupiah, kamu sudah bisa mengumpulkan energi agar kuat berpuasa, kan.

#Kreasi menu sahur berbahan dasar sayur untuk anak kos

baca juga: Kondisi Amerika Picu Penguatan Rupiah

Jika kamu ingin mencoba makan-makanan sehat, tidak ada salahnya memasak sayur sendiri di kos menggunakan bahan seadanya dan bumbu instan.

3.Tumis kangkung

Memasak kangkung adalah hal yang mudah bagi anak kos karena bahan yang diperlukan tidak terlalu banyak. Kamu bisa membeli kangkung di pasar 1-2 ikat (2000 rupiah), cabai merah (1000 rupiah), serta bumbu tumis kangkung instan (1500 rupiah). Jika masih ada sisa uang, kamu bisa membeli minuman seperti teh hangat (2000 rupiah) dan nasi putih (1500 rupiah) agar kenyang.

4.Sup Ayam

Memasak sup untuk menu sahur bisa menjadi solusi apabila kamu tidak memiliki banyak waktu memasak. Gunakan bumbu instan sup (1500 rupiah) agar kamu tidak perlu menumbuk bawang, cabai, dan sebagainya. Sayuran yang bisa kamu masak adalah kol (1500 rupiah) dan wortel (1000 rupiah). Tambahkan ceker ayam (2000 rupiah) agar sup ayam menjadi semakin lezat. Jika tidak sempat memasak nasi, kamu bisa membeli nasi (2000 rupiah) di warung daripada memasak sendiri.

#Kreasi menu sahur berbahan dasar nasi untuk anak kos
Menu makanan yang berbahan dasar nasi

5. Nasi goreng

Jika kamu adalah penggemar nasi goreng, kamu patut bersyukur karena makanan yang satu ini akan menjadi penolongmu di saat mengalami kesulitan keuangan. Kamu bisa membeli nasi bungkus di warung untuk satu porsi nasi goreng (2000 rupiah), ditambah dengan bumbu instan nasi goreng (1500 rupiah). Agar nasi gorengmu terasa lebih lezat, tambahkanlah sebutir telur (1500 rupiah) dan kerupuk (500 rupiah). Jadi, hanya dengan 5500 rupiah saja kamu sudah bisa kenyang.

6.Nasi abon atau nasi tempe kering

Apakah kamu termasuk anak kost yang suka menyimpan makanan kering? Salah satu makanan kering yang banyak diminati adalah abon. Biasanya, abon dijual dalam bentuk toples atau plastik kecil. Kamu bisa membeli abon seberat 20 gram (5000 rupiah) dipadukan dengan nasi hangat (2000 rupiah). Selain abon, makanan kering berupa tempe juga sering menjadi alternatif karena rasanya yang lezat.

#Kreasi menu sahur berbahan dasar oatmeal untuk anak kos

Menu puasa anak kos tidak melulu harus selalu nasi. Kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan bisa menjadikan oatmeal atau sereal sebagai makanan sahur utama agar kuat beraktivitas seharian.

7.Oat dan pisang

Jika kamu ingin merasa berenergi sepanjang hari selama menjalankan ibadah puasa , tidak ada salahnya menjadikan oat sebagai menu makan sahur. Sebungkus oat tawar berukuran kecil ditawarkan dengan harga 2000 rupiah. Tambahkan potongan buah pisang (2000 rupiah) di atasnya serta susu putih (2000 rupiah) agar sahurmu semakin bergizi.

8.Oat dan kurma

Salah satu makanan yang kalorinya cukup tinggi adalah oatmeal yang dipadukan dengan kurma. Kamu bisa membeli oat (2000 rupiah) dan 5-7 butir kurma (2000 rupiah) untuk kemudian ditambahkan susu (2000 rupiah).

#Kreasi menu sahur berbahan dasar sarden untuk anak kos
9.Nasi Sarden

Sarden bisa menjadi makanan penolong para anak kos yang kebingungan mencari menu makan sahur. Harga sekaleng sarden berkisar antara 4.500 – 6.000 rupiah. Tambahkan tomat (500 rupiah) dan sajikan bersama nasi putih selagi hangat.

10.Nasi ikan asin

Jika kamu mengalami kesulitan untuk mendapatkan sarden, kamu bisa mengganti sarden dengan ikan asin (3000 rupiah/ekor). Lengkapi sajian sahurmu dengan sambal yang terbuat dari cabai (500 rupiah), bawang putih (500 rupiah), serta garam (500 rupiah), kemudian berilah sedikit minyak goreng agar rasanya menjadi semakin khas. Tentunya makanan ini akan lebih lezat jika kamu santap dengan nasi hangat (2000 rupiah). (*)

Sumber: Mamikos

Penulis: Eko Fajri