Jangan Sepelekan! Ini yang Perlu Diperhatikan Jika Mencuci Daging Ayam

"Jika Anda makan ayam yang kurang matang maka Anda beresiko mendapatkan penyakit bawaan makanan atau juga disebut keracunan makanan"
Mencuci daging ayam (net)

KLIKPOSITIF -- Centers for Disease Control and Prevention atau Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengeluarkan peringatan keras bagi warganya agar tidak mencuci daging ayam mentah sebelum memasaknya.

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran bakteri berbahaya dari daging ayam mentah ke peralatan masak atau makanan yang berada di sekitarnya. Dilansir Fox News, CDC juga memberikan edukasi bagi masyarakat untuk mencegah risiko keracunan makanan saat memasak daging ayam di rumah.

"Ayam bisa menjadi pilihan yang bergizi, tapi ayam dalam kondisi mentah juga sering terkontaminasi dengan bakteri Campylobacter, Salmonella atau Clostridium perfringens. Jika Anda makan ayam yang kurang matang maka Anda beresiko mendapatkan penyakit bawaan makanan atau juga disebut keracunan makanan," ujar CDC dalam cuitan di akun twitter resminya pada (26/4).

Badan itu juga merekomendasikan masyarakat untuk menyimpan ayam mentah dalam kantong sekali pakai sebelum menempatkannya di keranjang belanja atau kulkas.

Selain itu, pastikan untuk mencuci tangan dengan air sabun setelah memegang daging ayam mentah, menggunakan talenan terpisah untuk memotongnya dan jangan pernah menempatkan makanan lainnya bersamaan dengan daging ayam mentah.

CDC juga menyarankan Anda untuk menggunakan termometer makanan yang dapat memastikan ayam benar-benar mencapai suhu masak tertentu dan jangan mencucinya sebelum memasaknya.

"Keracunan makanan bisa menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan bagi siapa pun seperti anak-anak di bawah 5 tahun, lansia di atas 65 tahun mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah serta ibu hamil," bunyi imbauan CDC.

Anda juga sebaiknya menghubungi dokter jika mengalami demam usai menyantap daging ayam, diare lebih dari tiga hari, adanya darah dalam tinja, muntah berkepanjangan hingga mengalami gejala dehidrasi lainnya. (*)

sumber: Suara.com