Bayar Iuran Tidak Akan Berat, Jika Kita Mengerti Manfaat dari JKN-KIS

"Menurut saya kartu ini sangat bermanfaat sekali, inilah bukti Pemerintah serius masyarakatnya sehat dan berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat"
Salah satu peserta JKN-KIS, Yonfrizal (33 tahun) (Ist)

KLIKPOSITIF – Yonfrizal (33) atau biasa disapa dengan Zal ini, merupakan salah satu peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN – KIS) semenjak bulan April Tahun 2017. Dirinya mengakui sedari dulu telah mengetahui tentang Program JKN – KIS ini dan belum ada niat di dalam hati untuk mendaftarkan dirinya dan keluarganya ke program ini karena adanya berita – berita negatif tentang BPJS Kesehatan.

Namun semua pendangan negatif itu semua berubah ketika saudara saya dirawat di Rumah Sakit dengan menggunakan Kartu JKN – KIS. 

“Saudara saya pernah sakit dan menggunakan Kartu JKN – KIS ini. Alhamdulillah setelah saya menjalani prosedur pengurusannya, dilayani dengan baik dan dilayani tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun. Menurut saya kartu ini sangat bermanfaat sekali, inilah bukti Pemerintah serius masyarakatnya sehat dan berupaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar Yonfrizal saat ditemui oleh Tim Jamkesnews, Selasa (12/03).

Yonfrizal mengatakan, sehari - harinya disibukkan dengan menjual patung display pakaian di Pasar Aur Kota Bukittinggi mengaku terkadang melupakan kesehatannya, tidak menerapkan pola hidup sehat. Ketika sakit barulah terasa selama ini kita lalai menjaga kesehatan kita dan barulah kita merasakan manfaat Program JKN – KIS ini.

“Mungkin sebagian orang merasa belum penting program ini dimana banyaknya kebutuhan lainnya dalam kehidupan kita sehari-harinya, merasa berat dan lalai membayar iuran JKN secara tepat waktu. Tapi menurut saya program ini sangat penting, butuh atau gak butuh jaminan kesehatan suatu saat kita akan membutuhkannya. Selain itu iuran yang kita bayarkan setiap bulannya digunakan ke saudara kita yang lagi membutuhkan layanan kesehatan,” katanya.

Ia menyampaikan rasa terima kasih kepada BPJS Kesehatan dan Pemerintah. Ia merasa sangat beruntung sebagai warga negara ... Baca halaman selanjutnya