Lima Buah-buahan Ini Dianjurkan Tidak Disimpan di Kulkas

ilustrasi semangka
ilustrasi semangka (net)

KLIKPOSITIF -- Buah-buahan kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh. Namun, di samping itu harus dicatat jika tak semua buah baik disimpan di kulkas. Hal itu karena justru malah membuah buah kehilangan gizinya.

Dilansir www.ag.ndsu.edu, Julie Garden-Robinson, Ph.D., R.D., L.R.D., spesialis makanan dan nutrisi, mengatakan bahwa suhu rendah pada kulkas bisa memberi efek negatif pada beberapa makanan sehat, diantaranya adalah buah-buahan.

baca juga: Ahli Virologi dari China Klaim Kelelawar Jenis Ini Sebagai Inang Virus Corona

Lalu, apa saja buah yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas? Ini dia daftarnya:

1. Melon
Menurut Robinson, melon akan memberi rasa terbaik jika disimpan di suhu ruang. Jika disimpan di kulkas, terutama saat melon sudah dipotong, akan membuat melon lebih cepat kering dan keriput.

baca juga: Ramadan Usai, Ini Tips Tetap Sehat dari Pakar Gizi

Dan ini tentu saja akan mengubah citarasanya. Selain itu, hasil penelitian United States Department of Agriculture atau USDA juga menemukan bahwa penyimpanan melon pada suhu kamar dapat membantu menjaga antioksidannya tetap utuh.

2. Tomat
Tekstur tomat bisa rusak karena suhu dingin di kulkas. Rasanya pun akan menjadi kurang tajam, kurang asam, dan kurang segar. Sebuah penelitian di Universitas Florida menemukan bahwa tomat yang disimpan dalam suhu rendah akan membuatnya jadi lebih hambar.

baca juga: Halaman Utama The New York Times Dipenuhi Nama Korban COVID-19

3. Alpukat
Buah alpukat berada dalam kondisi paling baik ketika dinikmati pada suhu kamar. Buah alpukat matang boleh saja disimpan di kulkas agar tetap bagus selama beberapa hari ke depan. Tapi kalau alpukat belum matang, sebaiknya tidak menaruhnya di dalam kulkas. Suhu dingin akan menghambat proses pematangannya.

4. Pisang
Suhu dingin adalah musuh untuk pisang. Pisang yang belum matang, tidak akan menjadi matang jika disimpan di dalam kulkas. Dan jika pisang matang (kuning) disimpan di kulkas, kulitnya akan cepat berubah menjadi kecokelatan karena enzim memecah nutriennya.

baca juga: Ketum PP Muhammadiyah: Jangan Lengah Atas Nama Berdamai

5. Semangka
Buah yang kaya akan air ini memiliki kandungan antikanker yang disebut likopen. Menurut studi yang dimuat dalam Journal of Nutrition, kadar likopen dalam semangka akan meningkat hingga 40 persen jika diletakkan pada suhu ruangan. Asam amino arginine juga akan bertambah banyak jika semangka disimpan di suhu ruang. (*)

sumber: HiMedik

Penulis: Agusmanto