Olahraga Ringan Lebih Baik untuk Penderita Jantung

"Penelitian membuktikan bahwa olahraga ringan sangat baik untuk jantung, salah satunya Yoga"
Meditasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Orang-orang yang menderita sakit jantung bisa memperpanjang usianya dengan sedikit berolahraga. Periset memeriksa data dari 39 negara pada 15.486 orang dewasa yang lebih tua dengan penyakit jantung.

Periset menyelesaikan yang menyelesaikan kuesioner tentang jumlah jam setiap minggu yang dipakai untuk aktivirtas ringan. Kemudian peneliti melacak semua orang untuk melihat berapa banyak yang meninggal atau memiliki masalah serius seperti serangan jantung atau stroke.

Secara keseluruhan, para peneliti menghitung bahwa peserta yang melipatgandakan tingkat aktivitas mingguan mereka bisa menurunkan kemungkinan kematian prematur mereka dari semua penyebab sebesar 10 persen dan mengurangi kemungkinan kematian dini dari masalah jantung hingga 8 persen.

Dilansir dari laman reuters, keuntungan yang paling menonjol dalam kemungkinan bertahan hidup akan terjadi pada orang-orang yang mendapatkan sedikit atau bahkan tidak berolahraga atau seperti aktivitas lainnya, seperti yoga, berjalan-jalan atau pekerjaan rumah ringan, studi tersebut menemukan.