Mengapa Menguap Menular?

"Sekitar 60-70% orang menguap jika mereka melihat orang lain menguap dalam kehidupan nyata atau dalam foto atau bahkan membaca tentang menguap."
Setiap orang menguap. Begitu juga banyak hewan vertebrata lainnya , termasuk ular, anjing, kucing, hiu, dan simpanse. Meskipun menguap menular, tidak semua orang menguap. (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Setiap orang menguap. Begitu juga banyak hewan vertebrata lainnya, termasuk ular, anjing, kucing, hiu, dan simpanse. Meskipun menguap menular, tidak semua orang menguap. Sekitar 60-70% orang menguap jika mereka melihat orang lain menguap dalam kehidupan nyata atau dalam foto atau bahkan membaca tentang menguap.

Menguap menular juga terjadi pada hewan, tetapi tidak selalu bekerja dengan cara yang sama seperti pada manusia. Para ilmuwan telah mengajukan banyak teori soal menguap yang menular. Dilansir dari laman thoughtco, berikut beberapa hal yang berhubungan dengan menguap.

1. Sinyal Menguap Empati
Mungkin teori paling populer tentang menguap menular bahwa menguap berfungsi sebagai bentuk komunikasi nonverbal. Menangkap menguap menunjukkan Anda terbiasa dengan emosi seseorang. Bukti ilmiah berasal dari studi 2010 di University of Connecticut, yang menyimpulkan menguap tidak menjadi menular sampai seorang anak berusia sekitar empat tahun, ketika keterampilan empati berkembang.

Dalam studi tersebut, anak-anak dengan autisme, yang mungkin telah mengganggu perkembangan empati, lebih jarang menguap dibanding rekan-rekan mereka. Sebuah studi tahun 2015 membahas menguap menular pada orang dewasa. Dalam studi ini, mahasiswadiberikan tes kepribadian dan diminta untuk melihat klip video wajah, termasuk menguap. Hasilnya menunjukkan bahwa siswa dengan empati yang lebih rendah cenderung menangkap menguap. Studi lain telah mengidentifikasi korelasi antara berkurangnya menguap yang menular dan skizofrenia, kondisi lain yang terkait dengan berkurangnya empati.

2. Hubungan Antara Menguap Menular dan Usia
Namun, hubungan antara menguap dan empati tidak meyakinkan. Penelitian di Pusat Variasi Genom Manusia Duke, yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, berusaha mendefinisikan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap menguap yang menular. Dalam studi tersebut, 328 sukarelawan sehat diberi survei yang mencakup ... Baca halaman selanjutnya