Benarkah Kafein Ampuh Redakan Sakit Kepala, Mitos atau Fakta?

"Banyak yang beranggapan kafein bisa memperburuk sakit kepala"
Ilustrasi kafein pada kopi (net)

KLIKPOSITIF -- Para ahli mengungkap, kafein ternyata dapat meredakan, sekaligus memperburuk sakit kepala lho. Namun, hasil ini tergantung pada beberapa faktor khusus yang ada dalam diri Anda dan kebiasaan Anda. 

Jika sebelumnya Anda pergi ke kedai kopi atau ke mesin penjual otomatis kopi untuk menghilangkan sakit kepala, maka sebaiknya ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan, berikut daftarnya seperti yang dilansir dari HiMedik.

1. Hanya sedikit kasus sakit kepala yang bisa sembuh karena kafein

"Agar lebih jelas, kafein tidak selalu membantu sakit kepala," kata Kirsten Ransbury, ketua ahli diet terdaftar di Kaiser Permanente di Roseville, California.

Untuk sakit kepala yang disebabkan oleh pembengkakan pembuluh darah di otak - suatu kondisi yang dikenal sebagai vasodilatasi - kafein dapat membantu dengan membuat pembuluh darah mengerut, mengurangi pembengkakan.  

 

2. Tidak ada dosis tepat

Meski Anda tahu persis berapa banyak kafein yang Anda butuhkan untuk meredakan sakit kepala, tidak ada resep atau dosis yang cocok untuk semua orang. Ini sebagian besar karena kafein mempengaruhi setiap orang secara berbeda.

 

3. Pilih yang punya sumber kafein sedikit

Kopi, teh, coklat, dan soda adalah beberapa sumber kafein yang paling umum. Ransbury mengatakan salah satu dari sumber-sumber itu seharusnya tidak membuat perbedaan, meskipun dia juga menyarankan untuk berhati-hati ketika berbicara tentang minuman energi, karena terlalu banyak mengonsumsi minuman energi juga dikaitkan langsung dengan kondisi kejang, hingga stroke seketika.

4. Obat sakit kepala terbaik tergantung pada individu

Beberapa orang mengatakan sakit kepala mereka sembuh hanya dengan ibuprofen dan tidur siang, sementara yang lain memilih meletakkan kompres dingin di atas mata ... Baca halaman selanjutnya