Benarkah Minum Air Lemon Bisa Menurunkan Berat Badan?

"air lemon tidak akan membakar lemak"
Air Lemon (Pixabay)

KLIKPOSITIF -- Tren minum air lemon sudah menggaung lama di telinga kita. Sebagian besar dari kita yakin minum air lemon bisa membuahkan sejumlah manfaat bagi tubuh, salah satunya adalah bantu turunkan berat badan.

Namun benarkah pendapat itu? Melansir dari menshealth, air lemon tidak akan membakar lemak. "Ini tidak akan membakar lemak," kata Karen Ansel, R.D.N., penulis Healing Super Foods for Anti-Aging: Stay Younger, Live Longer.

Menurutnya jika kamu menggunakan air lemon untuk menggantikan minuman yang lain mungkin kamu akan mengalami penurunan berat badan. Tidak hanya sekadar minum air lemon, tetapi juga disertai dengan olahraga.

"Minum sekitar 16 ons air sebelum makan terbukti membantu menurunkan berat badan," kata Ansel.

Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Obesity menemukan bahwa orang dewasa yang minum air sebelum makan akan kehilangan 1,28 kg selama 12 minggu dibandingkan mereka yang tidak. Pasalnya, ini akan membuat perasaan kenyang. "Di kasus ini lemon bisa membantumu membakar kalori."

Lemon memiliki nutrisi di dalamnya, seperti vitamin C. Namun, setengah buah lemon dalam delapan ons air tidak akan terlalu mengubah status vitamin tubuhmu. "Pastikan kamu minum air putih saat bangun pagi karena lemon sangat asam dan tidak bagus untuk enamel gigi," kata Ansel.

Makanan dan minuman yang asam dapat melemahkan enamel gigi dan menyikat gigi dalam waktu sekitar 30 menit dapat menghilangkan sebagiannya. Bilas segera setelah minum air lemon lalu tunggu sebentar sebelum menyikat gigi. (*)

sumber: HiMedik