Suka Ingusan Saat Makan Pedas, Ini Penjelasannya

"gejala-gejala tersebut disebabkan oleh reaksi internal yang terjadi dalam tubuh kita karena zat kimia dalam makanan pedas."
Cabai (Pixabay)

KLIKPOSITIF -- Bagi sebagian orang, makanan kurang nikmat jika tidak pedas. Namun meski suka makanan pedas, terkadang mereka juga tetap menunjukkan reaksi seperti orang yang tak suka pedas saat menyantap makanan yang mengandung cabai.

Reaksi itu berupa keluarnya ingus dan mata berair. Kenapa ya?

Menurut Times of India, gejala-gejala tersebut disebabkan oleh reaksi internal yang terjadi dalam tubuh kita karena zat kimia dalam makanan pedas.

Pada tanaman yang termasuk dalam genus capsicum, terdapat senyawa kimia bernama capsaicin. Ini adalah komponen aktif dalam cabai atau bahan makanan pedas yang kita konsumsi. Capsaicin ini adalah alasan utama di balik terjadinya gejala-gejala yang mengganggu pada tubuh kita ketika makan makanan pedas.

Capsaicin sebenarnya berfungsi sebagai mekanisme pertahanan tanaman cabai agar terlindung dari pemangsa. Selain itu, capsaicin juga mencegah aktivitas jamur atau bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan pada buah cabai.

Saat bertemu dengan mekanisme pertahanan tubuh kita, senyawa aktif ini bereaksi, dan sistem dalam tubuh kita mencoba untuk melawan balik untuk menghilangkan capsaicin, yang tidak diinginkan dari tubuh.

Begitu masuk ke tubuh kita, capsaicin akan menyebabkan peradangan pada selaput lendir dan iritasi pada mata. Oleh karena itulah kita merasakan sensasi terbakar, pilek, dan mata berair.

Meski begitu, bahan kimia ini tidak buruk untuk sistem tubuh kita. Malahan, makanan pedas disebut-sebut sangat efektif dalam meningkatkan metabolisme kita.

Disebutkan Times of India, makanan pedas juga sebenarnya bisa membersihkan mata dan hidung. Orang dengan masalah sinus disarankan untuk memakan cabai sesekali demi membersihkan penyumbatan lendir di hidung.

Namun, bagi kamu yang tak suka pedas, sebenarnya sering minum air bukan solusi yang baik. Solusi terbaik dan efektif adalah minum susu dingin.

Itu adalah ... Baca halaman selanjutnya