Ini Kuntungan Konsumsi Sodium untuk Nutrisi Tubuh

"Natrium yang Anda konsumsi dalam diet harian adalah dalam bentuk natrium klorida (atau garam)"
jumlah natrium yang disarankan untuk semua orang adalah 1500-2300 mg per hari (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Garam tidak diragukan lagi nikmatnya jika bercampur dengan makanan. Jumlah natrium yang terbatas benar-benar baik untuk kesehatan Anda tetapi kelebihan asupan natrium menyebabkan masalah kesehatan yang parah. Kelebihan natrium berasal dari segudang makanan olahan yang Anda makan yang dapat mengakibatkan kebanyakan penyakit kronis.

Natrium yang Anda konsumsi dalam diet harian adalah dalam bentuk natrium klorida (atau garam). Natrium membawa banyak keuntungan ketika diminum dalam jumlah kecil; namun, dosis sodium yang besar dapat merugikan.

Menurut American Heart Association (AHA), jumlah natrium yang disarankan untuk semua orang adalah 1500-2300 mg per hari, tetapi mayoritas orang mengonsumsi lebih dari jumlah ini setiap hari. Dilansir dari laman Boldsky, berikut manfaat mengkonsumsi garam bagi tubuh Anda.

1. Meningkatkan Fungsi Otak
Sodium membantu menjaga pikiran Anda tetap tajam. Karena sodium membantu meningkatkan fungsi otak. Itu adalah elemen yang sangat penting untuk perkembangan otak. Kekurangan natrium menyebabkan kelesuan dan kebingungan.

2. Menjaga Tekanan Darah
Sodium dikatakan memainkan peran penting dalam sistem karena mempertahankan tekanan darah. Namun, kelebihan natrium meningkatkan tingkat tekanan darah dan menyebabkan masalah kesehatan yang parah.

3. Menjaga Keseimbangan Basa Asam di Bawah Kontrol
Sodium memiliki kemampuan mengendalikan reaksi ginjal. Jumlah urin dan frekuensi buang air kecil dengan mengubah fraksi asam dan fosfat basa dalam tubuh Anda.

4. Menyesuaikan Tingkat Fluida 
Sodium mengontrol kadar cairan dalam tubuh Anda. Keseimbangan antara air dan natrium sangat terhubung. Sodium mendorong air ke sel-sel dan menyesuaikan jumlah cairan ekstraseluler dalam tubuh.