Apakah di Lidahmu Ada Bintik-bintik Kecil? Waspada Bahayanya

"Benjolan itu sendiri tidak berbahaya, tetapi bisa jadi karena masalah kesehatan lain"
ilustrasi lidah (net)

KLIKPOSITIF -- Pernahkah kamu perhatikan lidahmu? Apakah di sana terdapat bintik-bintik kecil? Ya, sama seperti kuku, gigi, rambut dan kulit, lidah pun juga bisa memberitahukan sesuatu tentang kesehatanmu.

Melansir dari Reader's Digest, bintik atau benjolan ini disebut papila, menurut Jason Abramowitz, MD, dari ENT & Allergy Associates di New York City. Benjolan itu sendiri tidak berbahaya, tetapi bisa jadi karena masalah kesehatan lain.

Meskipun penyebabnya tidak sepenuhnya jelas, Dr. Abramowitz mengatakan, hal ini harus diperhatikan.
Hal itu dapat terjadi karena infeksi virus, refluks asam, stres, makanan tinggi keasaman, alergi makanan, atau trauma pada lidah, tambahnya.

Mengobati benjolan ini berarti menemukan akar masalahnya. Amit Kochhar, MD, asisten klinis profesor otolaringologi dan operasi kepala dan leher di Keck School of Medicine USC, merekomendasikan untuk menghindari makanan pedas.

Selain itu, berkumur dengan air garam, menyikat gigi setiap selesai makan dan menggunakan obat kumur untuk mengurangi bakteri mulut juga bisa menjadi alternatif lain. "Kebanyakan kasus benjolan lidah harus berlangsung dua hingga tiga hari," kata Dr. Kochhar.

Benjolan ini juga terkait dengan sindrom Sjogren, yakni gangguan autoimun yang juga menyebabkan mata kering, mulut kering, serta sindrom Down, dan peradangan lidah. Mereka dengan bercak putih atau bintik seperti plak juga mungkin berurusan dengan leukoplakia.

Ini sering terjadi pada mereka yang suka merokok atau mengunyah tembakau. Untuk itu sangat disarankan agar kita menjaga kebersihan lidah dengan cara-cara di atas ya. (*)

sumber: HiMedik