Suka Makan Singkong? Ini Manfaatnya bagi Tubuh

"Kandungan karbohidrat dalam umbi begitu tinggi sehingga berada di urutan ketiga, setelah nasi dan jagung. "
Kehadiran vitamin B2 dan riboflavin dalam umbi bermanfaat menyembuhkan sakit kepala dan migrain. (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Secara ilmiah, Singkong disebut sebagai Manihot esculenta, singkong adalah sayuran akar umbi atau umbi. Dibudidayakan secara luas di daerah tropis dan subtropis, itu milik keluarga Spurge, Euphorbiaceae. Akar umbi yang dapat dimakan salah satu sumber utama karbohidrat, bersama dengan berbagai nutrisi lainnya. Bentuk singkong bubuk atau mutiara kering disebut sebagai tapioka dan bentuk butiran goreng disebut garri.

Kandungan karbohidrat dalam umbi begitu tinggi sehingga berada di urutan ketiga, setelah nasi dan jagung. Karena kandungan nutrisi yang tinggi, singkong merupakan makanan pokok di berbagai negara berkembang. Namun, pengolahan singkong dapat mengurangi nilai gizinya karena vitamin, mineral, serat dan pati resisten cenderung hilang saat memasaknya. Cara paling efektif untuk mempertahankan nilai gizi umbi adalah dengan merebusnya.

Dilansir dari laman Boldsky, singkong memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh untuk
meningkatkan kesehatan:

1. Membantu penurunan berat badan
Kaya akan serat makanan, singkong adalah pilihan yang tepat untuk Anda, jika Anda ingin menurunkan berat badan. Rendah kalori, dan juga kandungan serat yang tinggi pada akar, membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Ini, dengan demikian mengurangi kebutuhan untuk terus-menerus ngemil, lebih lanjut mencegah penambahan berat badan yang tidak perlu.

2. Menyembuhkan migrain
Kehadiran vitamin B2 dan riboflavin dalam umbi bermanfaat menyembuhkan sakit kepala dan migrain. Mengkonsumsi singkong dapat membantu mengurangi serangan migrain yang konstan. Ambil 60 gram akar atau daun singkong dan rendam dalam air selama 2 jam dan buat jusnya. Ini akan memberikan bantuan dari migrain parah.

3. Meningkatkan pencernaan
Seperti disebutkan di atas, singkong kaya akan serat makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan fungsinya. Serat yang tidak larut membantu dalam ... Baca halaman selanjutnya