Anda Merasa Terganggu dengan Bintil Putih di Wajah? Ini Cara Mengatasinya

"Kondisi ini sering dikira jerawat, padahal berbeda"
ilustrasi bintil putih pada wajah (net)

KLIKPOSITIF -- Kerap mengalami bintil-bintil putih menyerupai jerawat di kulit wajah? Bintil-bintil putih yang kerap menganggu penampilan tersebut disebut milia. Milia atau bintil-bintil kecil berwarna putih yang sering muncul di sekitar hidung, pipi atas atau bawah mata, dan dagu.

Kondisi ini sering dikira jerawat, padahal berbeda. Dilansir dari Health Line, sebuah kelompok riset medis di Rochester, Minnesota, mengungkapkan bahwa bintil putih di kulit ini muncul saat serpihan kulit mati terjebak di bawah permukaan kulit.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan milia dari kulit khususnya wajah yang bisa kamu praktikkan, yaitu:

1. Rutin membersihkan wajah
Membersihkan wajah adalah rutinitas yang wajib dilakukan agar kulit tetap bersih, bukan hanya saat milia muncul. Pastikan untuk mencuci muka dengan sabun atau pembersih wajah tanpa kandungan paraben setiap hari.

Dilansir Hello Sehat dari Live Strong, produk pembersih yang mengandung asam salisilat, asam sitrat, dan asam glikolat dapat membantu mengatasi kondisi kulit apapun akibat pertumbuhan sel-sel kulit berlebihan dan membantu menarik kotoran yang terjebak di pori-pori. Ini membuat bintik putih kecil di kulit menjadi mengecil dan akhirnya lebih cepat hilang.

Selain produk pembersih, cara membersihkan kulit juga perlu diperhatikan. Oleskan pembersih wajah pada kulit, kemudian pijit lembut dan bilas dengan air bersih. Setelah itu, tepuk pelan kulit Anda supaya kering untuk membantu menjaga kelembapan kulit.

Setelah kulit dibersihkan, berendam dengan air hangat akan membuka pori-pori kulit, termasuk kulit wajah. Ini akan membantu melepaskan serpihan kulit mati atau kotoran lainnya yang terjebak di bawah permukaan kulit. Biarkan tubuh Anda rileks selama 5 sampai 8 menit, kemudian bilas dengan air untuk membersihkan sisa kotoran atau kulit mati yang telah dikeluarkan.

2. Melakukan eksfoliasi wajah
Baca halaman selanjutnya