Perankan Buya Hamka, Vino G Bastian: Jadi Ibadah Buat Saya

"Ibu saya juga kan kenal sosok Buya Hamka, ketika saya tanya ibu saya gimana sosok Buya, dia seorang lelaki yang sejuk. Bayangkan saja seorang lelaki yang sejuk, yang ketika dia ngomong semua itu adem"
Konfrensi pers film Buya Hamka. (Net)

KLIKPOSITIF -- Vino G Bastian mengaku sangat bangga sekaligus jadi tantangan tersendiri ketika dirinya ditunjuk untuk memerankan tokoh Buya Hamka. Aktor 37 tahun itu pun langsung mencari buku-buku karya seorang ulama dan sastrawan yang masyhur itu.

"Pas baca buku-bukunya, kok adem ya. Nggak ada tuh buku-buku dia yang provokatif dan keras," kata Vino G Bastian, dalam konfrensi pers film Buya Hamka di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Senin (25/3/2019).

Selain membaca-baca buku karya Buya Hamka, Vino G Bastian juga bertanya tentang sosok Ketua MUI pertama itu kepada sang ibu. Mendengar dari mulut ibunya, Vino pun semakin kagum dengan Buya Hamka.

"Ibu saya juga kan kenal sosok Buya Hamka, ketika saya tanya ibu saya gimana sosok Buya, dia seorang lelaki yang sejuk. Bayangkan saja seorang lelaki yang sejuk, yang ketika dia ngomong semua itu adem. Dia juga nggak pernah menjustifikasi orang dengan agama apapun, kepercayaan apapun dan tampilan apapun. Dan menurut saya ini sosok yang saya mau mainkan," tutur Vino G Bastian.

Vino G Bastian pun mengaku mendapat banyak pelajaran selama menggali sosok Buya Hamka. "Ini jadi ibadah buat saya sendiri. Saya kalau nggak main film ini, saya nggak akan baca-baca bukunya beliau," ujar Vino G. Bastian.

Film Buya Hamka merupakan film kerja sama antara Falcon Pictures dengan Starvision yang disutradarai Fajar Bustomi. Selain Vino G Bastian, film Buya Hamka juga akan dibintangi sederet nama beken seperti Laudya Cynthia Bella, Donny Damara, Teuku Rifnu Wikana, Desy Ratnasari, Yoga Pratama, Alfie Alfandy, Verdi Soelaiman, Ben Kasyafani dll. Syuting akan berlangsung pada April hingga Juni 2019 dan akan dirilis pada awal 2020. (*)