Enam Tahun Jadi Raw Vegan, Influncer Ini Putuskan Berhenti

" Yovana mengaku mengalami pre-menopausal sebagai akibat dari gaya hidupnya"
Raw Vegan, adalah pola hidup dengan memakan sayur dan buah-buahan tanpa diolah (net)

KLIKPOSITIF-Setelah enam tahun menjalani gata hidup vegetarian, seorang influencer bernama Yovana Mendoza Ayres memutuskan untuk berhenti. Dia memutuskan untuk kembali mengonsumsi asupan hewani.

Yovana mengaku jika tubuhnya baik-baik saja selama menjalani hidup sebagai raw vegan. Dia bahkan merasa bugar karena gaya hidup sehat ini dianggap bisa mengatasi kecanduan rokok dan alkohol.

Dilihat dari channel YouTube miliknya, Yovana mengaku mengalami pre-menopausal sebagai akibat dari gaya hidupnya. Semua itu dimulai tahun 2014, di mana dia menjalani diet 25 hari puasa air. Saat itu, menstruasinya berhenti selama 2 tahun.

Yovana lalu mulai menambahkan lemak dalam menu sehari-harinya. Menstruasinya pun kembali setelah dua bulan tapi tetap tidak teratur. Selanjutnya pada 2017 lalu, Yovana terkena anemia sehingga berdampak pada pola menstruasinya.

Tubuh Yovana tidak bisa lagi mentolerir gaya hidup sehat ala raw vegan. Jadi dengan berat hati, dia tak lagi setia dengan konsep vegetarian serta kembali mengkonsumsi ikan dan telur.

Keputusan ini memang berat. Meski begitu, Yovana mengaku masih ingin memiliki keturunan. Itulah yang membuatnya kembali mengkonsumsi hewani.

'Aku ingin melahirkan bayi ke dunia. Aku ingin sebuah keluarga. Jika aku tidak sehat bagaimana aku bisa membawa keluarga ke dunia ini?" ujarnya.