Jangan Terlalu Sering Pakai Gadget saat Kondisi Gelap, Efeknya Mengerikan

"bisa saja kelopak mata tertutup dengan "batu" putih kekuningan yang pekat"
ilustrasi bermain gadget di tempat gelap (Pixabay)

KLIKPOSITIF -- Penggunaan gadget, termasuk tablet, smartphone ataupun laptop dalam kondisi gelap gulita sangat tidak dianjurkan. Sebabnya, hal itu berbahaya bagi kesehatan mata.

Kasus terbaru datang dari China. Dikutip dari Himedik, seorang lelaki berusia 26 tahun mengalami kondisi mengerikan akibat sering menggunakan gadget di kondisi gelap.

Lelaki ini diketahui senang bermain game di ponsel dalam keadaan gelap di kamar tidur. Keluhan muncul ketika ia merasa penglihatannya agak kabur dan ketika ia mengemudi di malam hari, ia tidak bisa melihat jalan dengan jelas.

Suatu hari dia bangun dan mendapati matanya tidak bisa terbuka seperti biasanya. Karena panik, ia bergegas ke rumah sakit untuk perawatan medis dan pada saat itulah dokter menemukan bahwa kelopak matanya tertutup dengan "batu" putih kekuningan yang pekat.

Setelah pemeriksaan, dokter mendiagnosis bahwa matanya tertutupi oleh konjungtiva. Untungnya, ini dapat diobati dan dokter melanjutkan menghilangkan "batu" dari kelopak matanya.

Dia menjalani lebih dari 40 menit prosedur dan berhasil menghilangkan batu itu. Dokter mengatakan bahwa orang dengan mata kering lebih rentan terhadap kondisi ini, tetapi ia juga memperingatkan pengguna ponsel agar mempraktikkan kebiasaan mata yang sehat.

Dia mengatakan, mereka seharusnya tidak menggunakan ponsel mereka dalam gelap serta harus menjaga jarak dari layar dan tidak menggosok mata. (*)

sumber: HiMedik