Sakit Gigi Bisa Picu Serangan Jantung dan Stroke, Kok Bisa?

"Bisa menyebabkan stroke"
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Sakit gigi memang sangat menyakitkan. Itu sebabnya tak sedikit orang yang merasa bahwa lebih baik sakit hati dibandingkan sakit gigi.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata sakit gigi bukan hanya memicu rasa nyeri di area rongga mulut, tapi juga risiko penyakit lain yang lebih serius antara lain stroke dan serangan jantung.

Disampaikan Dr. drg. R. M. Sri Hananto Seno, Sp.BM (K)., MM selaku Ketua PB PDGI, sakit gigi memicu risiko di organ lainnya karena kuman di rongga mulut ini menyebar ke bagian tubuh lain, seperti otak hingga jantung lewat pembuluh darah.

"Bisa menyebabkan stroke, jantung itu karena kuman masuk ke darah dan masuk ke sistem darah perifer hingga memicu sumbatan-sumbatan. Kalau menyerang jaringan di otak, maka jadi stroke. Kalau jaringan di jantung, maka ada serangan jantung," ujar drg. Seno beberapa waktu lalu.

Itu sebabnya, drg. Seno mengatakan bahwa masalah kesehatan gigi dan mulut tidak boleh diabaikan. Ia mengatakan bahwa masyarakat harus menjaga kesehatan gigi untuk mencegah penyakit di rongga mulut maupun bagian tubuh lainnya.

"Penyumbang penyakit katastropik adalah kerusakan gigi dan mulut. Itu sebabnya mulai kita selalu rajin mengedukasi jangan sampai sakit gigi. Kalau sakit gigi, segera ke dokter gigi agar tidak semakin parah dan menyerang organ tubuh lainnya," tandas dia tentang bahaya sakit gigi yang ternyata bisa memicu serangan jantung dan stroke.

Sumber: Suara