Positifers, Waspada Terhadap Penyakit yang Muncul saat Banjir

"Limbah dapat menyebabkan bisul atau ruam pada bagian tubuh yang terendam dalam waktu yang lama"
Air banjir juga bisa membawa penyakit. Penyakit yang sering muncul seperti kolera, tipus dan demam kuning (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Salah satu efek utama dari banjir adalah ia memaksa orang untuk pindah, seringkali harus berpindah ke tempat penampungan yang ramai, di mana penyakit dapat menyebar dengan cepat.

Air banjir lebih dari sekedar hujan biasa. Seringkali terkontaminasi dengan limbah dan bahan kimia yang dapat menyembunyikan benda tajam yang terbuat dari logam atau kaca. Limbah dapat menyebabkan bisul atau ruam pada bagian tubuh yang terendam dalam waktu yang lama, seperti kaki. Menurut ahli lingkungan Wilma Subra, bahan kimia dapat menyebabkan ruam dan kulit terbakar setelah terpapar.

"Air banjir juga bisa membawa penyakit. Penyakit yang sering muncul seperti kolera, tipus dan demam kuning. Namun penyakit yang umum terjadi adalah diare. Diare biasanya terjadi ketika orang bersentuhan dengan air yang terkontaminasi dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang dimilikinya," jelasnya.

Paparan terhadap air banjir dapat meningkatkan risiko ruam kulit, telinga, hidung dan masalah tenggorokan dan konjugtivitas. Risiko besar lainnya adalah minum air yang terkontaminasi.

Infeksi pernapasan juga merupakan salah satu yang sering terjadi. Biasanya sering terjadi di daerah padat penduduk, seperti di tempat pengungsian. Dengan adanya banjir biasanya sulit bagi orang-orang untuk menjaga kebersihan yang sehat sehingga mudah untuk kuman tersebar.

Risiko terjadinya wabah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti perubahan perilaku manusia( peningkatan paparan nyamuk saat tidur diluar, kepadatan penduduk), atau perubahan pada habitat yang medorong perkembangbiakan nyamuk (tanah longsor, penggundulan hutan, pembendungan sungai dan pengalihan rute).

Dilansir dari laman CNN, sebaiknya ketika tinggal di tempat pengungsian harus ekstra hati-hati, gunakan sabun pembersih saat mencuci tangan untuk mencegah penyebaran penyakit. Dan apabila memiliki luka, usahakan agar agar luka tersebut tidak terbuka karena air banjir ... Baca halaman selanjutnya