Bunda, Jangan Letakkan Obat Sembarangan Agar si Kecil Tidak Keracunan

" keracunan secara tidak sengaja kepada anak."
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Meletakkan obat-obatan disembarangan tempat sebenarnya merupakan hal yang berbahaya apalagi berada dalam jangkauan anak-anak. Banyak orang tua meremehkan kemampuan anak-anak mereka untuk mendapatkan obat-obatan tersebut yang dapat menyebabkan keracunan secara tidak sengaja kepada anak.

Penelitian dari organisasi advokasi anak-anak, Safe Kids Worldwide, menemukan bahwa setiap hari sekitar 142 anak di bawah usia 6 tahun pergi ke ruang gawat darurat (UGD) setelah salah mengonsumsi obat. Itu setara dengan satu anak setiap 10 menit. Masalah ini tentu diakibatkan oleh kurangnya pengawasan orang tua terhadap anak.

Menurut penelitian, orang tua sering tidak sadar akan kecepatan perkembangan anak-anak mereka, itulah mengapa sangat penting untuk memulai kebiasaan menyelamatkan hidup anak, seperti penyimpanan obat yang aman, jauh sebelum bayi bisa bergerak.

Dilansir dari laman cbs news, berikut kiat-kiat melindungi anak-anak dari keracunan obat:

1. Jauhkan semua obat dari jangkauan dan penglihatan anak-anak, bahkan obat yang Anda minum setiap hari. Simpan semua tas atau koper yang mungkin berisi obat-obatan di rak tinggi atau gantung di kait yang tidak bisa di jangkau oleh anak.

2. Ingat produk yang mungkin tidak anda pikirkan sebagai obat, termasuk obat ruam popok, vitamin, dan obat tetes mata.

3. Ajari anak anda bahwa obat harus selalu diberikan oleh orang dewasa dan jangan pernah menyebut obat sebagai permen.
4. Bagikan informasi keamanan obat dengan keluarga dan teman.

 [Michelle Novri CP]