Bunda, Ini Usia Ideal Anak Belajar Berenang

"pelajaran berenang dapat dimulai pada usia sekitar satu tahun untuk mengurangi resiko anak tenggelam"
Pelajaran itu perlu untuk mengajarkan keterampilan dasar air kepada anak-anak serta keamanan air. (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Hanya perlu beberapa detik bagi seorang anak untuk tenggelam, seringkali tanpa disadari hal ini sudah terjadi. Tenggelam adalah salah satu penyebab utama kematian pada anak-anak yang menyebabkan hampir 1.000 kematian setiap tahun di AS. Berdasarkan hal itu, American Academy of Pediatrics menyoroti pencegahan dengan beberapa saran terbaru untuk orang tua.

Dr. Sarah Denny, seorang dokter dari Nationwide Children’s Hospital di Columbus mengatakan, ketika seorang anak berada di dalam dan di sekitar air, kita membutuhkan pengawasan penuh perhatian, yang berarti mereka berada dalam jangkauan kita saat berada di dalam air.

Dilansir dari laman cbsnews, AAP menekankan bahwa semua anak harus belajar berenang, anak-anak dan remaja harus mengenakan jaket penyelamat ketika berada di dekat perairan. Studi menunjukkan bahwa pelajaran berenang dapat dimulai pada usia sekitar satu tahun untuk mengurangi resiko anak tenggelam. Pelajaran itu perlu untuk mengajarkan keterampilan dasar air kepada anak-anak serta keamanan air.

"Mengambang, memegang dinding memanjat masuk dan keluar dari air kembali ke dinding, sering kali anak-anak akhirnya jatuh ke air dan mereka melihat ke titik terjauh dan jika mereka berbalik mereka akan lebih baik", kata Katie Lee dari Goldfish Swim School di Long Island, New York.
American Academy of Pediatrics juga menekankan bahwa berenang adalah kegiatan keluarga, sehingga orang tua juga harus tahu cara berenang.

Berikut beberapa tips untuk mencegah terjadinya tenggelam pada anak:

1. Orang tua tidak boleh meninggalkan anak-anak sendirian ketika berada di dekat bak mandi, kolam, spa atau air terbuka lainnya.

2. Orang tua harus mengosongkan air dari ember dan wadah lain setelah digunakan, walau air dalam jumlah sedikit akan berbahaya bagi anak kecil.

3. Jangan pernah meninggalkan anak kecil sendirian di kamar mandi. Kunci kamar mandi ... Baca halaman selanjutnya