Tak Disadari, Ini 8 Kesalahan Mencuci Muka yang Sering Dilakukan

"efek dari tidak membersihkan dengan benar semakin memburuk seiring bertambahnya usia"
ilustrasi mencuci muka (net)

KLIKPOSITIF -- Mencuci muka rasanya menjadi aktivitas sehari-hari yang tak bisa ditinggalkan. Namun, melakukan kesalahan dalam membersihkan wajah masih umum terjadi.

Padahal menurut dokter anti-penuaan selebritas dan ahli biologi molekuler, Dr Rozina Ali, dari Liverpool, efek dari tidak membersihkan dengan benar semakin memburuk seiring bertambahnya usia.

"Ini bahkan lebih buruk daripada tidak menghapus make-up di kulit yang lebih muda," katanya seperti dikutip DewiKu.com dari Daily Mail.

Sebab, makeup bisa mengendap dalam kerutan yang dalam dan meningkatkan setiap kerutan. Untuk itu, Rozina membeberkan 8 kesalahan umum dalam membersihkan wajah. Yuk simak!

1. Mencuci muka hanya menggunakan air
Air sendiri tidak memiliki kemampuan untuk menghilangkan kotoran yang larut dalam minyak seperti make up dan sebum berlebih. Untuk itu diperlukan produk cleanser yang tepat.

2. Mengeksfoliasi wajah setiap hari
Hal ini cukup berbahaya dan sangay tidak diperlukan. Mengeksfoliasi wajah setiap hari dapat membuat kulit peka, teriritasi dan berisiko jerawat.

3. Menggunakan sabun mandi untuk mencuci muka
Sabun mandi dapat menghilangkan minyak alami, membuat kulit terasa lebih kencang dan kering dari sebelumnya. Selain itu, sabun mandi bisa mengganggu pH alami kulit.

4. Hanya mencuci muka di malam hari
Di pagi hari kuman dari bantal dapat berpindah ke wajah, termasuk minyak dari rambut dan air liur. Jadi, pastikan untuk mencuci wajah juga di pagi hari.

5. Hanya mencuci muka di pagi hari
Mencuci muka di pagi dan malam hari sama pentingnya. Tetapi mencuci muka di malam hari adalah suatu keharusan. Makeup, minyak, residu, kotoran dan polusi menumpuk di wajah sepanjang hari, maka perawatan wajah malam sangat penting.

6. Mencuci muka dengan air panas
Air yang terlalu ... Baca halaman selanjutnya