Tahun ini 12 Orang Kader JKN Siap Terjun Ke Masyarakat Sebagai Perpanjangan Tangan BPJS Kesehatan Bukittinggi

"Sebagai perpanjangan tangan antara BPJS Kesehatan dengan masyarakat, kami membekali mereka dengan Pedoman dan Informasiter-update tentang Program JKN-KIS tentang program JKN-KIS"
Kepala BPJS Kes Cabang Bukittinggi, Yessy Rahimi foto bersama dengan Kader JKN 2019 (Ist)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF - Sebagai salah satu upaya Sustainabillitas Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN - KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan sebagaimana diamanatkan dalam undang – undang Nomor 24 Tahun 2011, maka salah satu upaya yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan adalah melakukan kolekting iuran melalui Kader JKN. 

Dimana peran dan fungsi utama Kader JKN adalah sebagai mitra kerja perorangan dan perpanjangan tangan dari BPJS Kesehatan yang bekerja mengoptimalkan kegiatan sosialisasi, edukasi, pendaftaran kepesertaan, pengingat dan pengumpul iuran serta pemberi informasi pelayanan. Kader JKN juga memiliki peran strategis di masyarakat untuk memberikan sosialisasi dalam rangka menanamkan kesadaran serta menciptakan peran serta aktif masyarakat dalam mendaftarkan dirinya beserta seluruh anggota keluarganya.

Berdasarkan pantauan tim Jamkesnews di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Rabu 27 Februari 2019, terdapat 12 orang Kader JKN yang bermitra dengan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Bukittinggi yang tersebar di empat wilayah kerja yaitu Kota Bukittinggi, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat.

“Sebagai perpanjangan tangan antara BPJS Kesehatan dengan masyarakat, kami membekali mereka dengan Pedoman dan Informasiter-update tentang Program JKN-KIS tentang program JKN-KIS. Seperti contoh kasus korban kecelakaan lalu lintas, Kader JKN juga diharapkan mampu memberikan penjelasan kepada masyarakat tentang alur pelayanannya terkait jaminan kecelakaan lalu lintas,” ujar Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi, Anton Abdullah Rachmadie.

12 orang Kader JKN tersebut adalah Pet Yenti di wilayah Nagari Koto Tangah Kabupaten Agam, Eli Yanti Rasyid berada di wilayah Kelurahan Tarok Dipo dan Pakan Kurai Kota Bukittinggi, Ansor Wahid di wilayah Nagari Padang Gelugur Kabupaten Pasaman, Putra Yana di wilayah Nagari Panti ... Baca halaman selanjutnya