Ini Pengaruh Vitamin D Pada Sel Kanker

"tubuh yang kaya Vitamin D 30 persen lebih mungkin untuk bertahan hidup saat diserang kanker"
ilsutrasi (net)

KLIKPOSITIF - Sebuah penelitian mengungkap kadar Vitamin D yang tinggi dapat membuat perempuan yang menderita kanker payudara bertahan hidup. Dilansir dari Dailymail, perempuan penderita kanker payudara yang tubuhnya kaya Vitamin D 30 persen lebih mungkin untuk bertahan hidup.

Para ahli percaya bahwa Vitamin D bekerja dengan menghambat reproduksi sel kanker yang secara efektif membunuh sel-sel ini. Vitamin D, yang diperoleh dari sinar matahari, membantu untuk memperkuat tulang dan kekurangan vitamin ini dikaitkan dengan berbagai resiko terkena kanker.

Vitamin ini juga dapat ditemukan dalam minyak ikan berlemak, susu yang diperkaya vitamin D, sereal dan suplemen. Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa pada wanita pra-menopause yang kadar vitamin D nya rendah beresiko menderita kanker payudara.

Para peneliti dari Kaiser Permanente Northern California ini telah mempelajari 1.666 perempuan. Peneliti utama Dr Lawrence Kushi mengatakan pihaknya menemukan bahwa wanita dengan tingkat tertinggi kadar vitamin D memiliki kemungkinan 30 persen untuk bertahan hidup daripada wanita dengan tingkat vitamin D terendah. Dia menambahkan bahwa kontribusi faktor-faktor seperti usia, obesitas dan ras tidak berdampak pada tingkat vitamin D.

Mereka percaya vitamin D dapat membantu untuk mempromosikan pembentukan sel payudara yang normal dan mencegah pertumbuhan sel kanker. "Temuan kami ini memberikan bukti pengamatan yang menarik bagi hubungan terbalik antara tingkat vitamin D dan risiko pengembangan kanker payudara dan kematian," katanya.