Ladies, Yuk Bakar Lemak dengan Tidur

" Cara ini adalah tidur, sebab saat tidur, lemak lebih mudah dibakar"
Penelitian menunjukkan bahwa hanya tidur empat atau lima jam setiap malam dapat menyebabkan obesitas. (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Diet dan olahraga bukan satu-satunya hal yang diperlukan untuk menurunkan berat badan, tidur nyenyak juga merupakan kuncinya. Apa cara terbaik untuk menurunkan berat badan? Jika Anda mengatakan diet dan olahraga, Anda benar. Tetapi, ternyata ada metode super efektif untuk membakar lemak, dan Anda sudah melakukannya setiap hari. Cara ini adalah tidur, sebab saat tidur, lemak lebih mudah dibakar.

"Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan kebanyakan orang ketika mencoba menurunkan berat badan adalah kurang tidur," kata Shawn Arent, direktur Pusat Kesehatan dan Kinerja Manusia di Rutgers University. Menurut National Sleep Foundation, tubuh Anda memperbaiki dirinya sendiri dengan melepaskan hormon pertumbuhan saat Anda tidur. Hormon-hormon tersebut merangsang sintesis otot dan protein, serta proses pemecahan lemak yang disebut lipolisis.

Karena hormon pertumbuhan cenderung memuncak pada malam hari, tidak mendapatkan tidur yang nyenyak membuat proses esensial menjadi pendek. Penelitian menunjukkan bahwa hanya tidur empat atau lima jam setiap malam dapat menyebabkan obesitas. Idealnya, Anda harus tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

"Tujuh hingga sembilan jam tampaknya menjadi kerangka waktu yang cukup konsisten untuk mendapatkan perbaikan terbaik dan di mana kita memiliki paling sedikit hubungan dengan obesitas," kata Arent.

Dilansir dari laman Reader’s Digest, National Sleep Foundation umumnya merekomendasikan agar orang dewasa tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malam, agar bangun dengan segar dan semangat untuk hari berikutnya. Untuk memaksimalkan pembakaran lemak, Anda bisa mengonsumsi jenis makanan tertentu sebelum tidur, seperti greek yoghurt yang rendah gula dan mengandung protein untuk membangun otot.

 [Rahil Adila]