Benarkah Stres Penyebab Ketombe?

"serpihan ketombe tak jarang muncul dan terlihat di baju."
Salah satu dari banyak penyebab ketombe adalah stres (Liputan6.com)

KLIKPOSITIF - Ketombe memang menjengkelkan, selain membuat kulit kepala gatal, ketombe juga membuat Anda menjadi tak percaya diri apalagi, saat memakai baju berwarna gelap. Pasalnya, serpihan ketombe tak jarang muncul dan terlihat di baju.

Ada banyak faktor yang menimbulkan ketombe, mulai dari apa yang Anda makan hingga seberapa sering Anda mencuci rambut. Dilansir dari laman Reader’s Digest, berikut berbagai penyebab ketombe yang perlu Anda ketahui.

1. Sensitif terhadap jamur alami rambut
Berlawanan dengan kepercayaan umum, kulit kering bukanlah salah satu penyebab ketombe. Penyebab sebenarnya, pertumbuhan berlebih dari ragi umum yang disebut pityrosporum orbiculare. Ragi memakan minyak kulit, yang dapat menjelaskan mengapa orang-orang dengan kulit kepala berminyak lebih rentan terhadap ketombe. "Beberapa orang membuat minyak yang sangat mungkin untuk melindungi organisme ini, dan mereka mendapatkan ketombe dengan mudah," jelas Robert T. Brodell, MD, profesor dan ketua departemen dermatologi di University of Mississippi Medical Center. Biasanya, kasus ketombe ringan akan merespons perawatan diri, jadi berikan pengobatan rumahan atau sampo ketombe.

 2. Anda sedang stres

Salah satu dari banyak penyebab ketombe adalah stres. Ketombe bisa menjadi petunjuk bahwa Anda perlu rileks. "Stres dapat memperburuk kondisi kulit," kata dokter kulit di New York City Lotika Singh, MD. Stres merusak sistem kekebalan tubuh Anda dan bisa menjadi salah satu penyebab ketombe, memicu timbulnya penyakit. "Terutama dalam kasus di mana ketombe terasa gatal," tambahnya. “ Stres dapat mengabadikan siklus gatal-goresan: semakin banyak pasien tergores, semakin terjadi rasa gatal.” Sertakan teknik relaksasi ke dalam rutinitas sehari-hari Anda. Cobalah yoga, jalan kaki setiap hari, atau pernapasan dalam-dalam (tarik napas selama empat hitungan, tahan napas selama empat hitungan, hembuskan napas selama empat ... Baca halaman selanjutnya