Anda Merasakan Pusing Ketika Berdiri Terlalu Cepat?

"Pusing setelah berdiri terlalu cepat berkaitan dengan tekanan darah"
Tingkat bahaya rasa pusing di kepala tergantung penyebabnya (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Anda merasa pusing saat berdiri terlalu cepat? Jika ini terjadi lebih dari batas wajar, bicarakan dengan dokter Anda. Berdiri terlalu cepat memang membuat kepala Anda terasa berputar yang seringkali mengganggu. Namun Anda tidak perlu mengkhawatirkannya.

Nadia Sutton, seorang ahli jantung intervensi mengatakan, tingkat bahaya rasa pusing di kepala tergantung penyebabnya. Pusing setelah berdiri terlalu cepat berkaitan dengan tekanan darah. "Ketika Anda berdiri, gravitasi ikut berperan dan darah cenderung menyatu di bagian bawah tubuh Anda," kata Dr.Sutton.

Jadi, ketika Anda berdiri telalu cepat, kadang - kadang hipotensi ortostatik terjadi. Hipotensi ortostatik merupakan tekanan darah ke bagian atas tubuh, terutama kepala dan menurun saat Anda bediri sehingga menyebabkan pusing. "Biasanya, pembuluh darah di bagian atas tubuh mengencang atau menyempit saat Anda berdiri," kata Dr.Sutton.

Jika tekanan darah Anda rendah saat mulai berdiri, Anda mungkin mengalami gejala pusing ketika berdiri yang disebabkan sirkulasi yang buruk ke kepala Anda. Namun, Dr. Sutton mengatakan ini biasanya terjadi dalam jangka pendek. "Setelah pembuluh darah Anda menyesuaikan diri untuk berdiri, gejala pusing akan hilang," imbuhnya.

Banyak hal yang dapat mempengaruhi tekanan darah termasuk dehidrasi, obat obatan, kondisi jantung, dan masalah neurologis. Nesochi Okeke-Igbokwe, dokter dan ahli kesehatan, menambahkan untuk beberapa orang, gejala ini bisa berkaitan dengan disfungsi baroresptor.  Dr.Okeke-Igbokwe mengatakan refleks baroreseptor membantu mengatur perubahan mendadak pada tekanan darah dan kegagalan dapat berkontribusi pada masalah dengan hipotensi ortostatik berulang.

"Beberapa orang umumnya lebih rentan mengalami gejala pusing saat berdiri. Jika ini terjadi pada Anda, ingatkan diri Anda untuk mengambil waktu sejenak dan duduk sebelum berdiri, membiarkan tubuh Anda menyesuaikan diri dengan gravitasi. Jika ... Baca halaman selanjutnya