Anda Sedang Patah Hati? Konsumsilah Kurma

Kurma
Kurma (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Kurma merupakan buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mencegah penyakit jantung hingga meningkatkan kesehatan otak. Kurma dipenuhi dengan kandungan mineral, vitamin dan fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan. Kurma juga mengandung tembaga, zat besi, kalium, magnesium, mangan, banyak vitamin B6 (piridoksin), niacin, asam pantotenat dan riboflavin, vitamin A, K dan karoten, lutein dan zeaxanthin.

Kurma kaya serat yang sangat bermanfaat untuk membanu tubuh membuang racun dengan cara yang mudah dan efektif. Dilansir dari FoodPrevent, faktanya, hanya makan 3 kurma dalam sehari saja dapat menghasilkan beberapa manfaat kesehatan. Apa saja? Berikut paparannya.
1. Mengurangi risiko kanker usus besar

baca juga: Menangis saat Patah Hati Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan Mental

Seiring dengan memastikan bahwa makanan bergerak melalui sistem pencernaan pada tinglat yang sehat, kurma juga memastikan bahwa usus itu sendiri sehat dan bebas dari bakteri berbahaya. Dan ketika sistem pencernaan dan usus bekerja dengan baik, maka demikian pula usus besar, mengakibatkan berkurangnya risiko kanker usus besar.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Ilmu Pangan dan Gizi menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi kurma meningkatkan kesehatan usus besar karena kurma dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik, menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar.

baca juga: Penelitian: Orang yang Patah Hati Beresiko Terkena Kanker

2. Cepat mendapatkan energi baru dan tahan lama
Kurma mengandung gula alami, glukossa, fruktosa, dan sukrosa yang akan memberi anda energi secara cepat saat membutuhkannya. Dan tidak seperti bar energi atau minuman, kurma mengandung komponen sehat lainnya seperti serat, potasium, magnesium, vitamin dan antioksidan yang akan membuat level-level itu naik, dan tidak membuat anda cepat hancur.

3. Kesehatan pencernaan akan meningkat

baca juga: Kurma Sisa Banyak saat Lebaran? Yuk Ubah Jadi Camilan-cemilan Ini

Jika anda ingin menjaga sistem pencernaan agar berjalan dengan baik dan teratur, mengkonsumsi kurma adalah hal yang harus dilakukan. Hanya dalam satu buah kurma anda akan mendaptkan 12 gr seram. Itu berarti 48 persen dari asupan harian yang anda rekomendasikan. Jumlah yang tepat dan jenis serat yang tepat dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan anda serta dapat mencegah sembelit dan melancarkan buang air besar.  Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 7 kurma per hari selama 21 hari menunjukkan peningkatan frekuensi buang air besar dan peningkatan buang air besar di bandingkan ketika mereka tidak makan kurma .

4. Menjadi lebih pintar

baca juga: Anda Sedang Patah Hati? Obatilah dengan Kurma

Kurma mengandung Vitamin B6 yang telah terbukti meningkatkan kinerja otak dengan membantu tubuh membuat serotonin dan norepinefrin. Serotonin pada gilirannya mengatur suasana hati dan neorepinefrin membantu tubuh anda mengatasi stres. Sebaliknya, penelitian telah menunjukkan bahwa kadar vitamin B6 yang rendah terkait dengan depresi.
Jadi, ketika otak anda bersih dari stres, dan dalam suasana hati yang baik, maka otak itu tajam dan siap untuk belajar dan menyimpan infromasi.

5. Perawatan untuk wasir

Wasir adalah benjolan di dalam anus akibat pembuluh darah vena yang membengkak dan meradang. Biasanya disebaban oleh sembelit yang menyebabkan ketegangan di ujung saluran pencernaan. Ini adalah kondisi yang mengerikan dan seringkali menyakitkan. Penyakit ini dapat diobati dengan merubah pola makan. Banyak dokter merekomendasikan diet tinggi serat, dan itu termasuk kurma untuk membantu hal-hal bergerak agar wasir anda dapat pulih.

6. Sembuhkan patah hati

Terkadang yang diperlukan hanyalah beberapa kencan berturut-turut dalam jangka waktu yang lama untuk menyembuhkan patah hati . Itu benar, kalium yang terkandung dalam buah kecil yang tampaknya ajaib ini telah ditemukan dapat menurunkan LDL (kolestrol jahat) yang menyebabkan penyumbatan di arteri yang menyebabkan stroke dan bahkan serangan jantung.

Sebuah penelitian terhadap wanita yang lebih tua menemukan bahwa asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih rendah dan stroke dengan kematian iskemik. Jadi, berinvestasi dalam kencan – bahkan beberapa dalam jangka wakt yang lama akan menemukan kesehatan yang tahan lama dan menyebabkan anda bahagia selamanya.

[Michelle Novri]

Penulis: Fitria Marlina