Ingin Paru-paru Anda Lebih Sehat? Coba Tiga Cara Alami Ini

"Tanpa paru-paru yang sehat, kondisi tubuh manusia juga akan terganggu tentunya"
Berlari merupakan salah satu cara alami untuk membuat paru-paru Anda tetap sehat. (net)

KLIKPOSITIF -- Paru-paru merupakan salah satu organ vital manusia. Tanpa paru-paru yang sehat, kondisi tubuh manusia juga akan terganggu tentunya. Masalahnya, organ satu ini rentan terkena paparan polusi seperti asap rokok atau polusi udara lainnya yang dapat merusak paru-paru.

Menurut WHO yang dilansir dari Medical News Today, paparan polusi udara menyebabkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun. Nah, supaya paru-paru tetap sehat berikut telah dirangkum cara membersihkan paru-paru secara alami.

1. Terapi uap
Terapi uap atau inhalasi uap dilakukan dengan cara menghirup uap air yang bertujuan untuk membuka saluran udara dan membantu paru-paru mengeringkan lendir. Uap menambah kehangatan dan kelembapan udara, yang dapat meningkatkan pernapasan dan membantu melonggarkan lendir di dalam saluran pernapasan dan paru-paru.

Menghirup uap air juga dapat membantu seseorang bernapas lebih mudah. Hal ini telah terbukti dari sebuah penelitian kecil yang melibatkan 16 pria dengan penyakit paru obstruktif kronik (COPD), suatu kondisi paru-paru yang membuat penderita lebih sulit untuk bernafas.

Hasilnya menemukan bahwa terapi masker uap menyebabkan detak jantung dan tingkat pernapasan secara signifikan lebih rendah daripada terapi masker tanpa uap. Sayangnya, para peserta tidak melaporkan peningkatan yang berkelanjutan dalam fungsi pernapasan mereka.

Jadi, terapi ini mungkin merupakan solusi sementara yang efektif, tetapi para peneliti perlu melakukan lebih banyak penelitian sebelum mereka sepenuhnya memahami manfaat terapi uap pada kesehatan paru-paru.

2. Berolahraga
Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental seseorang, termasuk mengurangi risiko banyak kondisi kesehatan, seperti stroke dan penyakit jantung. Hal ini karena olahraga memaksa otot untuk bekerja lebih keras, yang meningkatkan laju pernapasan tubuh, menghasilkan pasokan oksigen ... Baca halaman selanjutnya