Ingin Hidup Lebih Produktif? Coba Hilangkan Lima Kebiasaan Ini

"Dengan meniadakan kebiasaan tersebut produktivitas akan meningkat dan memungkinkan dirimu menikmati suasana hati positif yang disertai dengan peningkatan kontrol diri"
ilustrasi main gadget (net)

KLIKPOSITIF -- Disadari atau tidak, beberapa kebiasaan buruk menyebabkan lebih banyak masalah dalam hidup. Salah satunya adalah hidup menjadi lebih tidak produktif dan kita jadi sering membuang-buang waktu.

Dengan meniadakan kebiasaan tersebut produktivitas akan meningkat dan memungkinkan dirimu menikmati suasana hati positif yang disertai dengan peningkatan kontrol diri. Lalu apa saja kebiasaan buruk itu? Berikut ulasannya dirangkum dari laman Forbes.

1. Menggunakan gadget di tempat tidur
Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa kebiasaan ini dapat merusak tidur dan produktivitas mereka. Ini karena cahaya biru dan paparan gelombang dari gadget memainkan peran penting dalam suasana hati, tingkat energi, dan kualitas tidur. Padahal sinar matahari pagi mengandung konsentrasi tinggi dari cahaya biru ini.

Lalu, ketika mata terpapar langsung, cahaya biru menghentikan produksi hormon melatonin yang merangsang tidur dan membuatmu merasa lebih waspada. Sebaliknya, sinar matahari sore kehilangan cahaya biru, yang memungkinkan tubuh memproduksi melatonin dan mulai membuatmu mengantuk.

2. Perfeksionis
"Anda dapat mengedit halaman yang buruk, tetapi Anda tidak dapat mengedit halaman kosong," ungkap penulis Jodi Picoult. Jadi, daripada berfokus pada kesempurnaan lebih baik alihkan perhatian pada yang lain. Itu hanya akan membuang lebih banyak waktumu.

3. Rapat
Dibandingkan kegiatan lain, rapat menghabiskan lebih banyak waktu berhargamu. Orang yang sangat produktif menghindari pertemuan sebanyak mungkin secara manusiawi. Mereka tahu bahwa rapat akan berlangsung selamanya jika mereka membiarkannya.

Jadi, ketika mereka harus mengadakan pertemuan, mereka memberi tahu semua orang di awal bahwa mereka akan tetap pada jadwal yang dimaksud. Ini menetapkan batas yang jelas yang memotivasi setiap orang untuk lebih fokus dan efisien.

4. ... Baca halaman selanjutnya