Kopi Berdampak Pada Usia Peminumnya

" mereka yang banyak minum kopi memiliki pengurangan resiko kematian hingga seperempat"
Ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF - Sebuah penelitian menyebutkan mengkonsumsi tiga cangkir kopi sehari dapat membantu penderita penyakit ginjal kronis. Dilansir dari mailonline dampak konsumsi kopi ini dapat membuat penderita untuk hidup lebih lama.

Sebuah studi yang diikuti lebih dari 2.300 pasien selama 12 tahun menemukan bahwa mereka yang banyak minum kopi memiliki pengurangan resiko kematian hingga seperempat. Satu atau dua cangkir juga meningkatkan peluang peserta untuk bertahan hidup masing-masing sebesar 12 dan 22 persen, dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah menyentuhnya.

Periset Portugis percaya bahwa hasil ini menyarankan pasien ginjal kronis untuk minum lebih banyak kopi Pejabat kesehatan Eropa menyatakan bahwa batas aman konsumsi kafein orang dewasa adalah tidak lebih dari 400mg setiap hari yang setara dengan empat cangkir kopi instan.

Selain itu, sebuah tinjauan besar yang dilakukan oleh International Life Sciences Institute (ILSI) mengkonfirmasi bahwa jumlah kafein ini aman dikonsumsi setiap hari. Mereka menilai lebih dari 740 studi tentang efek kafein pada manusia untuk membuat klaim tersebut.