Wajib Tahu! Ini Cara Membedakan Daging Sapi dan Daging Babi

"Bagi orang awam, daging sapi yang sudah dioplos daging babi tidak akan kelihatan perbedaannya"
Perbedaan daging babi dan daging sapi. (net)

KLIKPOSITIF -- Beberapa hari belakangan, Kota Padang dihebohkan dengan temuan sate diduga menggunakan daging babi. Hasil penelitian di laboratorium yang dilakukan oleh BPOM, Dinkes Kota Padang menyebutkan jika daging yang disita tersebut positif mengandung B2. 

Namun, ada perlunya juga kita mengetahui perbedaan mendasar antara daging babi dan sapi. Bahwa secara kasat mata ada lima aspek yang terlihat berbeda antara daging babi dan sapi yaitu: warna, serat daging, tipe lemak, aroma dan tekstur. Bagi orang awam, daging sapi yang sudah dioplos daging babi tidak akan kelihatan perbedaannya.

Agar tidak semakin banyak orang tertipu, maka sebagai pembeli kita harus pintar dan paham tentang karakteristik daging sapi dengan baik. Dilansir dari laman agroindustri.id, berikut perbedaan karakteristik antara daging sapi dan daging babi yang perlu Anda ketahui:

1. Dari segi warna
Terlihat daging babi memiliki warna yang lebih pucat dari daging sapi (lihat gambar 1 diatas), warna daging babi mendekati warna daging ayam. Namun perbedaan ini tak dapat dijadikan pegangan, karena warna pada daging babi oplosan biasanya dikamuflase dengan pelumuran darah sapi, walau kamuflase in dapat dihilangkan dengan perendaman dengan air. Selain itu, ada bagian tertentu dari daging babi yang warnanya mirip sekali dengan daging sapi sehingga sangat sulit membedakannya.

2. Dari segi serat daging
Perbedaan terlihat dengan jelas antara kedua daging. Pada sapi, serat-serat daging tampak padat dan garis-garis seratnya terlihat jelas. Sedangkan pada daging babi, serat-seratnya terlihat samar dan sangat renggang. Perbedaan ini semakin jelas ketika kedua daging direnggangkan bersama.

3. Dari penampakan lemak
Perbedaan terdapat pada tingkat keelastisannya. Daging babi memiliki tekstur lemak yang lebih elastis sementara lemak sapi lebih kaku dan berbentuk. Selain itu lemak ... Baca halaman selanjutnya