Jangan Sembarangan Meminjamkan Earphone! Akibatnya Mengerikan

"Dari cairan lengket hingga bakteri jahat pun bisa ditemukan dalam telinga jika sembarangan memakai earphone"
ilustrasi earphone (net)

KLIKPOSITIF -- Kamu pastinya punya dong earphone, alat untuk mendengarkan musik ini wajib dibawa ke mana-mana. Tapi ketika ada teman yang mau meminjam earphone, sebaiknya jangan dikasih. Pastinya kamu tahu di dalam telinga berisi banyak hal menjijikkan. Dari cairan lengket hingga bakteri jahat pun bisa ditemukan dalam telinga.

Menurut laporan dari BuzzFeed, merekomendasikan kamu untuk tidak meminjamkan earphone kepada orang lain. Hal ini dibuktikan dari beragam penelitian dan temuan. Kelly Reynolds, Ph., dari profesor Environmental Health di Universitas Arizona mengungkapkan kalau lilin yang ada di telinga memang terlihat menjijikkan namun tidak berbahaya.

"Ini adalah produk sampingan dari telinga yang membersihkan diri dari kuman dan debu," kata Kelly Reynolds.

Dan setiap orang memang memiliki 'flora bakteri' di telinga mereka, yang berarti bakteri itu normal dan tidak menyebabkan infeksi dalam tubuh. "Penelitian telah menunjukkan bahwa flora mikroba telinga biasanya terdiri dari pesudomonas, staphylococcus, dan strep," imbuhnya.

Walau terdengar jenis bakteri yang tidak berbahaya, namun jika jumlahnya berlebihan dan melewati ambang batas yang mampu dihadapi tubuh, atau bakteri baru masuk ke telinga, ini dapat menyebabkan infeksi telinga. Masalah sebenarnya adalah di earphone tersebut. Seperti diketahui, lilin dari telinga kita sering masuk ke dalam earphone tersebut.

"Lilin yang melapisi atau menumpuk ke earphone kamu, itu dapat menjadi lapisan yang menjebak bakteri dan mencegahnya mengering sehingga bertahan hidup dan tumbuh," kata Kelly Reynolds.

Jadi bayangkan saja, semua hal yang tersentut oleh earphone tersebuh seharian dan berapa banyak kuman yang diambilnya sebelum menempel kembali ke telinga kamu. "Studi telah menunjukkan bahwa earphone menyebabkan peningkatan 11 kali lipat bakteri di telinga," lanjutnya.

Namun yang bikin lebih parah, ketika kamu pinjamkan earphone ke orang lain. ... Baca halaman selanjutnya