Hasil Studi: Wanita yang Bertubuh Tinggi Bisa Hidup Lebih Lama

"Wanita yang tingginya lebih dari 175 cm, 31 persen lebih mungkin mencapai usia 90 tahun daripada wanita yang tingginya 160 cm atau lebih pendek"
ilustrasi wanita tinggi (net)

KLIKPOSITIF -- Sebuah studi belakangan ini menyatakan bahwa wanita yang bertubuh tinggi dapat hidup hingga 90 tahun. Kesimpulan tersebut ditarik oleh para ilmuwan dari Universitas Maastricht yang mengamati hubungan antara tinggi badan, indeks massa tubuh (BMI) dan olahraga.

Penelitian yang diterbitkan dalam BMJ Journal of Epidemiology & Community ini menggunakan data pria dan wanita berusia 55 hingga 69 tahun, dimulai pada 1986 yang dikumpulkan oleh Netherlands Cohort Study. Hampir 8.000 peserta memberikan informasi tentang berat badan mereka pada usia 20 tahun, berat saat ini, tinggi badan dan waktu yang dihabiskan untuk berolahraga.

Mereka kemudian dipantau sampai mencapai usia 90 atau sampai meninggal. Hasilnya, sebanyak 433 pria dan 944 wanita bertahan hingga usia 90. Wanita yang mencapai usia ini memiliki tubuh yang lebih tinggi, berat badan lebih sedikit di awal penelitian dan berat badannya bertambah lebih sedikit sejak usia 20 tahun dibandingkan mereka yang meninggal sebelum berusia 90 tahun.

Wanita yang tingginya lebih dari 175 cm, 31 persen lebih mungkin mencapai usia 90 tahun daripada wanita yang tingginya 160 cm atau lebih pendek. "Kami hanya bisa berspekulasi soal mengapa tinggi badan wanita bisa dikaitkan dengan kemungkinannya mencapai usia tua," kata penulis utama Lloyd Brandts kepada INSIDER, seperti dikutip dari Himedik.

"Kami memang berhipotesis bahwa hubungan yang diamati mungkin terkait dengan penyusutan, yang lebih umum terjadi pada wanita. Oleh karena itu, mereka yang lebih tinggi pada awal penelitian kami (pada usia 68-70 tahun) mungkin mengalami penyusutan yang lebih sedikit."

Menurut Pham Liem di Universitas Arkansas untuk Ilmu Kedokteran, orang menyusut dengan bertambahnya usia karena beberapa alasan. Orang dewasa yang lebih tua bisa menjadi lebih pendek karena tulang rawan di antara sendi mereka menjadi usang dan osteoporosis menyebabkan tulang belakang menjadi lebih ... Baca halaman selanjutnya