Memiliki Bau Menyengat, Ternyata Petai Bisa Atasi Empat Gangguan Emosional Ini

"dibalik aromanya yang menganggu, ternyata tersimpan berbagai manfaat di dalamnya"
ilustrasi petai (net)

KLIKPOSITIF -- Petai atau pete bagi beberapa orang terasa nikmat. Namun, tak sedikit pula yang membenci biji hijau ini karena baunya yang dianggap menyengat. Namun, dibalik aromanya yang menganggu, ternyata tersimpan berbagai manfaat di dalamnya.

Melansir HB Times, pete yang memiliki nama latin Parkia Speciosa, bahkan bisa mengatasi gangguan mental dan mengontrol suasana hati. Berikut empat di antaranya:

1. Depresi
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh MIND pada orang-orang yang berjuang dengan gangguan depresi menunjukkan, banyak yang merasa jauh lebih baik setelah mengonsumsi petai. Itu karena petai mengandung triptofan, sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin, yang diketahui bisa membuat Anda rileks, meningkatkan suasana hati, dan biasanya membuat Anda merasa lebih nyaman.

2. PMS (sindrom pramenstruasi)
Vitamin B6 dalam petai dapat mengelola kadar gula darah. Efeknya pun dapat memengaruhi suasana hati Anda, yang seringkali naik-turun menjelang menstruasi.

3. Stres
Kalium adalah mineral penting, yang akan membantu menstabilkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak, dan mengelola keseimbangan air tubuh manusia. Ketika kita cemas, laju metabolisme kita meningkat, sehingga kadar kalium kita menurun. Kondisi ini dapat diseimbangkan kembali dengan bantuan camilan petai, yang berkalium tinggi.

4. Gangguan Afektif Musiman (SAD)
Gangguan emosional yang kacau pun dapat dipulihkan dengan petai. Pasalnya, selain mengandung banyak kalium, jika Anda membandingkan petai dengan apel, biji yang bisa dimakan sebagai camilan ini juga memiliki empat kali lebih banyak protein, dua kali karbohidrat, tiga kali fosfor, lima kali vitamin A serta zat besi dan dua kali mineral dan vitamin lainnya. (*)

sumber: HiMedik