Henna ala Korea yang Mampu Usir Roh Jahat

"henna ala Korea terkesan lebih unik karena diyakini bisa usir roh jahat ."
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Menggunakan henna pada tangan, kuku, dan rambut selama ini seakan identik dengan tradisi Arab dan India. Padahal ternyata pewarna alami ini juga ditemui di Korea Selatan. Bahkan, henna ala Korea terkesan lebih unik karena diyakini bisa usir roh jahat .

Jin Hyun, gadis Korea yang sekarang menetap di Amerika berbagi cerita tentang masa kecilnya yang menyenangkan di Negeri Gingseng, termasuk dan budaya mewarnai kuku dengan henna ala Korea.

Menurut dia, budaya ini dimulai karena adanya larangan menggunakan cat kuku bagi anak sekolah, setidaknya sampai mereka SMA. Nah, pada musim semi, tanaman garden balsam bakal dimanfaatkan sebagai alternatif kuteks karena mampu memberikan warna cerah pada kuku.

''Sepulang sekolah, kami semua bergegas keluar untuk mengambil segenggam penuh bunga dan daun ini untuk dibawa pulang dan ibu kami akan menghancurkannya menjadi pewarna pasta,'' ungkap Ji Hyun.

Uniknya, pasta tanaman garden balsam alias henna Korea ini memiliki molekul yang identik dengan struktur kimia pada henna khas India. Rupanya, ada cerita menarik di balik budaya pakai henna di Korea . Menurut Jin Hyun, orang Korea percaya jika gadis yang pakai henna pada musim semi dan warnanya bertahan hingga salju pertama akan menikahi cinta sejatinya.

Dilansir dari laman suara, dalam sudut pandang yang lebih berbeda, nenek moyang orang Korea berkata jika henna dapat mengusir roh jahat. Hanya saja nyatanya, sekarang pewarna alami ini malah sering digunakan untuk keperluan kosmetik.

Walaupun banyak orang yang masih suka membuat pasta pewarnanya sendiri, beberapa toko di Korea sudah mulai menjual pewarna alami ini versi bubuk. Ada yang sudah mencoba henna ala Korea?