Wajib Tahu! Tiga Aktivitas Ini Bisa Membuat Kulit Kering

"Biasanya kebanyakan orang mengalami gangguan kulit kering sehingga membuatnya bersisik dan terlihat tak cantik"
ilustrasi eksfoliasi kulit (net)

KLIKPOSITIF -- Baik pria maupun wanita pasti menginginkan memiliki kulit bersih yang nampak sehat dan bercahaya. Tak hanya wajah, kulit tubuh juga demikian. Jika wajah identik dengan gangguan jerawat, lain halnya dengan kulit tubuh.

Biasanya kebanyakan orang mengalami gangguan kulit kering sehingga membuatnya bersisik dan terlihat tak cantik. Dihimpun dari HiMedik, berikut aktivitas harian yang tanpa kamu sadari bisa bikin kulit kering.

1. Terlalu sering eksfoliasi kulit
Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga membuat kulit nampak lebih cerah dan sehat. Hanya saja jika dilakukan terlalu sering dapat membuat kulit kering, meradang, hingga mengelupas. Sebaiknya cukup lakukan satu hingga dua kali seminggu.

2. Menggunakan produk yang mengandung pewangi
Amy Forman Taub, MD, selaku asisten dosen dermatologi di Northwestern University, menuturkan bahwa produk yang mengandung pewangi berpotensi untuk menimbulkan iritasi pada kulit kering. Sebagai gantinya, coba pilih produk perawatan kulit non-fragance atau dengan kandungan bahan alami yang terbukti lebih aman.

3. Terlalu lama mandi air panas
Mandi air panas memang bikin tubuh rileks. Sayangnya, menurut penjelasan Joshua Zeichner, MD, direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York, suhu panas pada air dapat menghilangkan kandungan minyak alami pada kulit.

Jadi, kalau ketiga rutinitas di atas masih sering kamu lakukan sebaiknya segera kurangi atau hentikan untuk menghindari kulit kering. (*)

sumber: HiTekno