Pakar Gizi: MSG Bukan Penyebab Migrain dan Kebodohan

"para pakar gizi menyebut Asam Glutamat yang merupakan salah satu unsur pokok di dalam MSG, diproduksi secara alami dalam tubuh"
MSG (net)

KLIKPOSITIF -- Isu-isu kesehatan perihal penggunaan Monosodium Glutamat (MSG) atau Vetsin/Mecin/Micin seperti membuat bodoh, kanker otak, penyebab hipertensi, membuat sakit kepala/migrain dan lain lain masih berkembang luas di masyarakat. Namun, para pakar gizi menyebut Asam Glutamat yang merupakan salah satu unsur pokok di dalam MSG, diproduksi secara alami dalam tubuh.

Dalam upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait keamanan Monosodium Glutamat (MSG) atau Mecin. PT. Ajinomoto Indonesia bekerjasama dengan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Lampung pada 15 Desember 2018 menggelar Seminar di Gedung Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Lampung yang bertema: “Pangan Lokal dan Aspek Keamanan MSG sebagai Sumber Rasa Umami”.

Acara Seminar ini menghadirkan Pakar Gizi sebagai pembicara utama yakni, dosen dari Poltekkes Jakarta, Dr. Marudut Sitompul MPS, Kepala BPOM Propinsi Lampung Dra. Syamsuliani, Apt, MM dan Nawasari Indah Puteri Sejati, STP, MSi seorang Dosen Jurusan Gizi di Poltekkes Lampung.

Kegiatan Seminar di Gedung Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Lampung ini merupakan seminar ke-3 dari rangkaian acara sosialisasi keamanan MSG sebagai bagian dari program PT Ajinomoto Indonesia untuk terus memberikan informasi dan pemahaman tentang fakta-fakta keamanan MSG sebagai sumber rasa Umami.

Sebelumnya, PT. Ajinomoto Indonesia juga bekerjasama dengan beberapa Poltekkes seperti di Malang dan Pontianak untuk mengadakan kegiatan yang serupa. Untuk mengupas fakta-fakta keamanan pangan MSG, Dr. Marudut Sitompul MPS menjelaskan unsur-unsur pembentuk MSG.

“Sesuai dengan namanya ‘Monosodium Glutamat’ terdiri dari mineral / sodium (Na), asam amino glutamat, dan air. Tiga unsur tersebut sebenarnya merupakan zat gizi yang dibutuhkan tubuh”, ucapnya.

Dr. Marudut menjelaskan pula, bahwa MSG itu mengandung asam amino Glutamat. Glutamat merupakan salah satu unsur penyusun ... Baca halaman selanjutnya